Sebar Meme Bupati Gresik, Kader Golkar Divonis 1 Bulan Kurungan

Selasa, 12 September 2017 16:54:16
Reporter : Deni Ali Setiono
Sebar Meme Bupati Gresik, Kader Golkar Divonis 1 Bulan Kurungan
Foto ilustrasi.

Gresik (beritajatim.com) - Terdakwa Andhi Mardi Utomo (45) yang juga kader Partai Golkar Gresik akhirnya divonis satu bulan kurungan serta denda sebesar Rp 5 juta, dan mengganti biaya perkara Rp 2 ribu. Andhi Mardi Utomo terbukti bersalah karena menyebarkan meme terhadap Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto dan pengusaha H.Saiful Arief (Kaji Ipung).

Dalam sidang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Fitra Ade Maya, SH serta anggota I Bayu Soho Rahardjo, SH, dan Rahmansyah, SH berlangsung kurang dari 40 menit. Vonis yang diterima terdakwa lebih ringan dari jaksa penuntut umum (JPU) Pompy, SH. Pasalnya, JPU menuntut terdakwa dengan 3 bulan penjara, serta denda Rp 10 juta.

Warga Jalan Veteran Gresik RT 01 RW 02 itu divonis bersalah karena melanggar Undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Dengan ini terdakwa kami vonis satu bulan penjara serta denda Rp 5 juta," ujar Ketua Majelis Hakim Fitra Ade Maya saat membacakan vonis dihadapan terdakwa, Selasa (12/09/2017).

Terdakwa Andhi Mardi Utomo dianggap bersalah dan melanggar pasal 45 ayat 3 UU/19/2016 tentang perubahan atas UU/11/2008 tentang ITE junto pasal 27 ayat 3.

Alasan terdakwa diseret ke meja hijau, karena tindakannya itu membuat korban merasa terhina, dan tercemar nama baiknya. Selain itu, terdakwa dinilai berbelit saat dimintai keterangan di dalam persidangan.

Sedangkan pertimbangan yang meringankan terdakwa, korban sudah memaafkan. Tidak hanya disampaikan secara tertulis, namun juga disampaikannya (korban) di dalam persidangan. [dny/but]

Tag : uu ite

Berita Terkait

Kanal Hukum & Kriminal