Keren! Warga Dusun di Malang Punya Satgas Kamtibmas

Minggu, 13 Agustus 2017 15:31:38
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Keren! Warga Dusun di Malang Punya Satgas Kamtibmas

Malang (beritajatim.com) - Warga Dusun Sumber Rejo, Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, mengukuhkan Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), di Kantor Desa setempat, Minggu (13/8/2017).

Tugas Satgas ini cukup keren, menjaga lingkungan tempat tinggal mereka agar tercipta kondisi yang aman, tentram hingga layak untuk ditinggali ribuan warga yang bermukim ditempat itu.

Pembina Satgas Kamtibmas adalah seorang Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) Didik Agus Pranoto. Aiptu Didik ini, sehari-hari bekerja sebagai Panit Provos di Polsek Blimbing, Kota Malang.

Menurut Didik, Satgas Kamtibmas adalah organisasi yang baru terbentuk dan memiliki fungsi sebagai pelaku penertiban keamanan, bahaya narkoba dan radikalisme yang mulai merongrong masyarakat.

“Adanya Satgas Kamtibmas di wilayah dusun Rt.01, Rw.01 Dusun Semberrejo ini sangatlah membantu dalam menangkal adanya radikalisme, peredaran narkoba dan menjaga keamanan lingkungan karena di wilayah ini merupakan daerah yang banyak adanya rumah kos," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kalisongo Siswanto menambahkan, dengan dibentuknya Satgas Kamtibmas ini, bisa menjadi kepanjangan tugas dari Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa yang dinilai kurang bisa mengcover semua wilayah desa karena keterbatasan anggota linmas yang ada.

"Satgas Kamtibmas ini merupakan relawan Kamtibmas yang menjadi mitra Desa dalam mengatasi masalah yang ada di masyarakat,” ujar Siswanto.

Siswanto menambahkan, Satgas Kamtibmas kedepannya bisa dijadikan satgas yang dapat membantu pengamanan masyarakat di lingkup Desa.

“Saat ini banyak kejahatan, Radikalisme dan antisipasi adanya isu terorisme, serta Narkotika yang mengancam kamtibmas. Semoga satgas ini dapat membantu menciptakan situasi di dusun Sumberrejo Desa Kalisongo aman, nyaman dan terkendali,” tandasnya.

Dalam pengukuhan Satgas Kamtibmas ini, sebanyak 4 anggota Satgas Kamtibmas yang dikukuhkan guna bertugas mengamankan di tujuh Rt yang ada di wilayah Rw.01. (yog/ted)

Tag : kantibmas

Berita Terkait

Kanal Hukum & Kriminal