Jasa Pemalsu Surat dan Dokumen Penting Digerebek Polresta Sidoarjo

Selasa, 20 Juni 2017 13:40:22
Reporter : M. Ismail
Jasa Pemalsu Surat dan Dokumen Penting Digerebek Polresta Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) - Bagus Susilo Putro (36) jasa pemalsu segala macam surat-surat penting asal Jalan Bima, Desa Kebonsari, Kecamatan Candi Sidoarjo dibekuk Satuan Reserse Kriminal Polresta Sidoarjo, Rabu (14/6/2017).‎

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji menegaskan pengungkapan tersangka ini berawal dari laporan masyarakat adanya jasa pemalsu segala macam dokumen.

"Laporan masyarakat lansung kami tindaklanjuti. Dari penyelidikan hingga penggerebekan tersangka, kami menyita berbagai macam dokumen palsu," katanya.

Mantan Kasubdit IT dan Cyber Crime Bareskrim Polri itu menyebutkan, dokumen maupun surat-surat yang dipalsukan oleh tersangka, meliputi STNK, KTP, SIM, SIUP, Kartu Keluarga (KK) dan print out buku tabungan.

Ia memalsukan dokumen tersebut, karena mendapat pesanan dari seseorang berinisial M yang digunakan untuk keperluan pribadi.

"Semua dokumen palsu dan peralatan seperti laptop merk, printer, dua buah handphone dan sebuah alat pemotong kertas, kami amankan dari rumah pelaku," terangnya.

Dalam menjalankan aksi kejahatan ini, pelaku sudah beroperasi sekitar satu tahun. Terkait adanya tersangka lain atau jaringan dalam pemalsuan dokumen, pihaknya masih melakukan pengembangan.

"Harga pemesanan dokumen, variatif. Pelaku menarik biaya mulai dari senilai Rp 750 ribu sampai Rp 1 juta. Tarip disesuaikan dengan dokumen palsu yang dipesan," tandas mantan Kapolres Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah itu.

Masih kata Himawan, dimungkinkan pemesan pemalsuan dokumen ini ada indikasi terkait jaringan pencurian sepeda motor. Namun masih dalam pengembangan lebih lanjut. "Tersangka akan kami jerat dengan pasal 263 ayat (1) KUHP dengan ancaman maksimal 6 tahun penjara," pungkasnya. (isa/ted)

Tag : pemalsuan surat

Berita Terkait

Kanal Hukum & Kriminal