4 Home Industri Garam Sidoarjo Digrebek

Jum'at, 19 Mei 2017 14:22:26
Reporter : M. Ismail
4 Home Industri Garam Sidoarjo Digrebek

Sidoarjo (beritajatim.com) - Satreskrim Polresta Sidoarjo menggerebek empat rumah home industri garam tak berijin di Desa Wonokasian, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo.

Dari keempat home industri, selain menyita barang produksi garam, petugas juga mengamankan empat pemilik usaha yang ditetapkan sebagai tersangka.

Empat tersangka itu yaitu, Imam dan Subagiyo warga Dusun Ngemplak, Desa Wonokasian, Mohammad Khamdan dan Siti Khoirotin warga Dusun Kasian RT 06 RW 02, Desa Wonokasian, Sidoarjo.

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo, Kompol Muhammad Harris mengatakan, penggerebekan ini diawali laporan masyarakat, di Desa Wonokasian banyak home industri garam yang tidak memiliki ijin edar dan tidak SNI.

"Setelah kami selidiki benar kadar yodium garam yang diproduksi kurang dan bahkan diragukan, lansung empat home industri yang tidak memiliki ijin serta tidak bersertifikat SNI kami grebek," Jum'at (19/5/2017).

Harris mengungkapkan, keempat home industri sudah bertahun-tahun beroperasi. Hasil produksinya, dijual di berbagai kota di Jawa Timur. Seperti, Probolinggo, Jombang, Trenggalek, Nganjuk dan Kota lainnya. "Ada yang sudah dua tahun, tiga tahun dan empat tahun," jelasnya.

Dalam penggerebekan itu, petugas menyita empat set mesin selep garam, 8 cetakan garam, empat buah timbangan, 12 oven, nota, puluhan ton garam siap edar dan barang bukti lainnya.

"Tersangka dijerat dengan pasal 134 dan 142 tentang pangan serta pasal 113 dan 120 tentang perdagangan dan perindustrian dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara," tegas mantan Kapolsek Simokerto Surabaya itu. [isa/but]

Tag : razia, sidoarjo

Berita Terkait

Kanal Hukum & Kriminal