Dua PNS yang Kena OTT Tim Saber Pungli Tidak Ditahan

Rabu, 17 Mei 2017 14:49:02
Reporter : M. Ismail
Dua PNS yang Kena OTT Tim Saber Pungli Tidak Ditahan

Sidoarjo (beritajatim.com) - Dua PNS yang kena OTT Tim Saber Pungli Polresta Sidoarjo, yakni Ahmad Anwar, staf administrasi Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Atap dan Djemanun Handoko, Kasi Penta Kerja Disnakertrans Sidoarjo, keduanya tidak tahan.

Kanit Tipikor Satreskrim.Polresta Sidoarjo Iptu Hari Siswanto menyatakan, tidak ditahannya kedua PNS yang kena OTT, karena faktor kesehatan. "Kedua tersangka sakit," katanya Rabu (17/5/2017).

Dia menjelaskan, untuk tersangka Anwar, pihak keluarganya mengajukan surat bahwa yang bersangkutan mempunyai riwayat penyakit diabet yang tinggi.

Untuk tersangka Handoko, kondisinya juga sakit. Saat diperiksa kondisinya oleh tim kesehatan, juga menunjukkan kondisi sakit.

"Jika kondisinya sakit, pihak kepolisian ada pertimbangan. Khawatir ada sesuatu dalam masa penahanan, maka tersangka yang sakit, tidak ditahan," jelas Hari.

Hari menegaskan, kendati tidak dilakukan penahanan, kasusnya tetap akan diproses dan didalami hingga pengembangan. "Untuk kasusnya sendiri masih lanjut diproses," tandasnya.

Seperti diketahui, dalam OTT yang dilakukan oleh Tim Saber Pungli Polresta Sidoarjo terhadap Anwar, petugas menyita beberapa dokumen pengurusan ijin dan uang tunai senilai sekitar Rp 8 juta yang diduga didapat dari beberapa perusahaan.

Sedangkan tersangka Handoko, Tim Saber Pungli menangkap yang bersangkutan usai bertemu dengan perwakilan PT Makmur Jaya. Dalam pertemuan itu, Handoko diduga menerima uang senilai Rp 3 juta saat berada di Suncity Mall. Sekeluar dari mall, Handoko diciduk oleh Tim Saber Pungli Polresta Sidoarjo.

Atas penanganan dua kasus ini, Tim Saber Pungli Polresta Sidoarjo menjerat kedua tersangka menyalahgunakan jabatan atau wewenang dengan disertai bukti-bukti yang kuat. (isa/kun)

Tag : pungli, OTT, sidoarjo

Berita Terkait

Kanal Hukum & Kriminal