17 Tahanan Kabur

Kompolnas: Problem Pokok Tahanan Kabur Over Kapasitas

Jum'at, 21 April 2017 18:52:00
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Kompolnas: Problem Pokok Tahanan Kabur Over Kapasitas

Malang (beritajatim.com) - Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen (Purn) Bekto Suprapto, memastikan problem pokok kaburnya 17 tahanan dari penjara Polres Malang karena kelebihan beban jumlah tahanan yang mendekam ditempat itu.

“Kami datang ke Polres Malang karena ada peristiwa sangat menonjol. Yakni tahanan lari. Tapi bukan hanya di Polres Malang saja, tahanan lari ada dimana-mana,” ungkapnya, Jumat (21/4/217) siang.

Kata dia, kedatangan Kompolnas ingin tahu ada apa sebenarnya. Kompolnas juga mempercayakan masalah investigasi tahanan kabur Polres Malang kepada Propam dan Inspektorat di Polda Jatim.

“Kompolnas akan melihat apa hasil investigasi itu nanti. Hanya saja, problem yang pokok kaburnya tahanan Polres Malang, karena kelebihan beban dari tahanan yang seharusnya,” tegas Bekto yang juga mantan Wakapolres Malang tersebut.

Ia melanjutkan,  kelebihan jumlah tahanan, membuat bebannya  ini lebih dari dua kali lipat. “Inilah problemnya. Jumlah tahanan sangat banyak. Masalah kedua adalah, soal konstruksi bangunan. Saya sudah cek dan sebagiannya, bangungan tidak memungkinan untuk pengawasan lebih baik,” tuturnya.

Oleh sebab itu, lanjut Bekto, Kompolnas memerintahkan Kapolres Malang sudah untuk segera direkonstruksi untuk dapat melakukan pengawasan lebih baik.  Termasuk penggunan alat bantu untuk polisi yaitu CCTV.

“Saya percaya bahwa nanti bisa diatasi masalah konstruksi bangunanya. Tapi over kapasitas jumlah tahanan menjadi problem yang pokok,” ucapnya. (yog/ted)

Tag : napi, kabur

Berita Terkait

Kanal Hukum & Kriminal