Dugaan Korupsi PDAU Sidoarjo, Aliran Dana ke Siapa?

Jum'at, 21 April 2017 13:11:15
Reporter : M. Ismail
Dugaan Korupsi PDAU Sidoarjo, Aliran Dana ke Siapa?

Sidoarjo (beritajatim.com) - Usai menggeledah dan menyita sejumlah dokumen dari Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Jalan Untung Suropati Sidoarjo, Tim Penyidik Kejari Sidoarjo mulai melakukan pemeriksaan intensif.

Penyidik Kejari mulai mempelajari sejumlah dokumen berupa kontrak, kwintansi dan dokumen elektronik yang ada di dalam komputer maupun laptop milik pejabat PDAU.

"Status kasus ini sudah penyidikan. Penggeledahan kemarin dilakukan untuk pengumpulan barang bukti agar dugaan tindak pidana korupsi di PD Aneka Usaha ini menjadi terang benderang," kata Kasi Intel Kejari Sidoarjo, Andri Tri Wibowo, Jumat (21/4/2017).

Dia memaparkan dalam penggeledahan, pihaknya sudah menyita seluruh dokumen terkait pengelolaan keuangan perusahaan milik Pemkab Sidoarjo tersebut. Selanjutnya akan memanggil sejumlah saksi terkait untuk membuka tabir dugaan korupsi tersebut.

"Dalam kasus ini, Kejari Sidoarjo mendalami dana bagi hasil baik berupa laba perusahaan, modal dari APBD Pemkab Sidoarjo maupun penyertaan modal yang selama ini dikelolah secara terpisah oleh PDAU. Sebab  bagi hasil itu berdasarkan Perda Nomor 38 Tahun 1998 tentang PDAU," ungkap

Masih kata Andri, saat ini didalami, aliran bagi hasil itu mekanismenya seperti apa, karena penyidik sudah meyakini adanya kebocoran dana itu. "Tinggal pembuktian bocornya mengalir ke siapa, itu yang masih didalami," pungkasnya. [isa/but]

Tag : korupsi sidoarjo

Berita Terkait

Kanal Hukum & Kriminal