Pabrik Arak Dibangun di Hutan Ngino Tuban

Kamis, 13 April 2017 21:36:18
Reporter : M Muthohar
Pabrik Arak Dibangun di Hutan Ngino Tuban

Tuban (beritajatim.com) - Petugas gabungan dari jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Semanding bersama dengan anggota Satpol PP Kabupaten Tuban kembali melakukan pengrebekan satu lokasi pabrik minuman keras (miras) jenis Arak, Kamis (13/4/2017). Lokasi pabrik berada di hutan Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Tuban.

Petugas berhasil mengamankan puluhan botol yang berisikan miras jenis arak yang sudah siap edar. Sementara pelaku dari pemilik pabrik kabur saat mengetahui lokasi tempat produksi Arak itu digrebek aparat.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, pengrebekan pabrik Arak itu berawal saat anggota Polsek Semanding, Polres Tuban mendapatkan laporan dari warga masyarakat. Yang mana di tempat pinggir hutan di lahan yang terdapat banyak pohon bambu itu diketahui ada aktivitas produksi Arak.

"Setelah ada laporan, kami bersama dengan enam orang personil dari Polsek Semanding, Koramil Semanding dan Satpol PP langsung melakukan operasi. Dan ternyata benar di tempat itu terdapat produksi arak," terang AKP Desis Susilo, Kapolsek Semanding, Kabupaten Tuban.

Ketika sudah berada di lokasi yang jauh dari pemukiman warga itu, petugas mendapati alat-alat produksi untuk membuat Arak. Namun, ketika itu sudah tidak ada orang. Pemilik diduga telah kabur saat mengetahui ada petugas datang.

"Untuk siapa tersangka yang memiliki produksi Arak ini masih dalam penyelidikan," tambah Desis Susilo.

Dari pengrebekan itu petugas mendapati dua dandang untuk produksi arak, 22 drum berisikan baceman atau bahan baku membuat arak, 4 kompor gas dan 19 buah tabung gas elpiji berukuran 3 Kg. Sedangkan untuk arak yang sudah jadi terdapat sebanyak 70 botol yang tersimpan di area produksi yang menggunakan tenda itu.

"Total arak yang sudah jadi sebanyak 104 liter dan sudah siap edar. Sedangkan untuk baceman yang kita temukan sekitar 4.400 liter," pungkasnya. [mut/but]

Tag : miras tuban

Berita Terkait

Kanal Hukum & Kriminal