Bromo Punya Dua Desa Wisata Edelweis Terbesar

Selasa, 06 Nopember 2018 20:55:22
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Bromo Punya Dua Desa Wisata Edelweis Terbesar

Malang (beritajatim.com) - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) membuat festival Land Of Edelweis. Festival ini akan menjadi penanda dibukanya dua wisata Desa Edelweis terbesar di dunia.

Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie mengatakan dua desa yang akan menjadi tempat wisata edelweia adalah Desa Wonokitri, Tosari, Kabupaten Pasuruan dan Desa Ngadisari, Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

"Ada 5.400 bibit bunga edelweis yang telah diberikan kepada dua desa. Ini akan menjadi desa edelweis terbesar di dunia. Harapanya ini menjadi alternatif tempat wisata di Bromo," kata John, Selasa (6/11/2018).

John menyebut selama ini, edelweis atau bunga abadi dijadikan sebagai bunga wajib dalam ritual keagamaan masyarakat Tengger. Bunga edelweis merupakan bunga yang dilindungi dan dilarang untuk dipetik.

Namun dengan budidaya edelweis masyarakat diperbolehkan memetik dan memperjualbelikan bunga edelweis ke wisatawan. Asal bunga edelweis itu berasal dari budidaya kelompok tani, bukan mengambil dari kawasan taman nasional.

"Masyarakat Tengger selalu menggunakan bunga edelweis dalam upacara. Setelah ada budidaya edelweis oleh masyarakat desa, edelweis boleh dibawa pulang atau diperjualbelikan. Untuk yang dikawasan dilarang dipetik," papar John.

Selain launching wisata Desa Edelweis pada, Sabtu, (10/11/2018) nanti. Juga akan digelar acara festival Pawon Tengger, festival Seni dan Budaya Tengger, pameran produk edelweis, dan pameran produk desa penyangga dikawasan taman nasional.

"Perlu diketahui ada tiga jenis edelweis yang hidup di TNBTS. Anaphalis Javanica, Anaphalis Visida, dan Anaphalis Longifolia. Untuk yang Javanica ini masuk kategori dilindungi," tandasnya. [luc/but]

Tag : wisata malang

Berita Terkait

Komentar

Kanal Gaya Hidup