Jatim Raih 3 Gold dan 1 Perunggu di Ajang Pesparani Ambon

Minggu, 04 Nopember 2018 13:41:49
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Jatim Raih 3 Gold dan 1 Perunggu di Ajang Pesparani Ambon

Surabaya (beritajatim.com) - Kontingen Jawa Timur berhasil menorehkan prestasi di ajang Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Nasional yang berlangsung di Ambon 26 Oktober-2 November 2018.

Dalam ajang yang kali pertama digelar ini, meski belum maksimal, kontingen Jatim berhasil memperoleh tiga gold untuk kategori paduan suara gregorian dewasa, paduan suara campuran dan paduan suara pria.

Sedangkan untuk kategori tutur kitab suci, Jatim memperoleh perunggu.

"Ini prestasi yang cukup menggembirakan meski Kontingen Jawa Timur belum berhasil membawa pulang piala kehormatan Pesparani yang bergengsi bagi umat Katolik se-Indonesia itu," ujar Ketua Kontingen, Agatha Retnosari menyambut kedatangan 108 kontingen dan panitia paduan suara peserta Pesparani Jatim di Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Menurut Agatha yang juga anggota Komisi E DPRD Jatim ini menyambut kedatangan kontingen Pesparani bersama Wakil Ketua LP3D, Romo RD Tribudi Utomo.

"Kalah menang yang penting kontingen Jatim ikut memeriahkan Pesparani. Bagi kami di hati, tim Pesparani Jatim tetap juara," katanya.

Agatha berharap pada Pesparani dua tahun mendatang, Kontingen Jatim diharapkan lebih siap dan kompak menyiapkan diri pada pesta paduan suara milik umat Katolik ini agar bisa  merebut juara umum. 

Politikus wanita yang akan maju lagi sebagai anggota DPRD Jatim dari PDI Perjuangan daerah pemilihan Jatim I (Surabaya) ini, Pesparani seharusnya menjadi pesta kegembiraan umat Katolik Jatim. Karena itu, umat Katolik Jatim lebih mementingkan pelayanan gereja  ketimbang alasan lain.

"Jika para kontingen membangun semangat kebersamaan dan visi yang besar, maka pencapaian juga akan diraih lebih besar. Karena itu kita berharap peserta dan panitia yang terlibat ke depan, lebih mementingkan semangat perlombaan dan kualitas paduan suara daripada hal-hal lainnya. Sehingga kita akan raih juara umum," jelasnya.

Dalam kedatangan tim Pesparani Jatim di Bandara Juanda disambut dengan bentangan spanduk bertuliskan 'Di Hati Tetap Juara'.

Pesparani yang baru pertama kali berlangsung di Ambon dibuka oleh Menteri ESDM Ignatius Jonan yang mewakili Presiden Joko Widodo. Pesparani diikuti 12.000 peserta dan panitia seluruh Indonesia. Pada acara pembukaan, diawali misa konselebran para uskup dan puluhan pastor dari seluruh Indonesia.

Sedangkan penutupan Pesparani dilakukan oleh Menteri Perempuan dan Pemberdayaan Anak Yohana Yembise. Menteri Yohana juga menyerahkan Piala Pesparani yang tahun ini diraih oleh peserta dari kontingen Kalimantan Timur. 

Peserta yang meraih juara umum mendapat biaya pembinaan sebesar Rp 50 juta. Sementara peserta yang memperoleh gold, silver dan perunggu tapi tidak juara mendapat uang pembinaan masing-masing sebesar Rp 15 juta. [tok/but]

Tag : musik

Berita Terkait

Komentar

Kanal Gaya Hidup