Wisuda Waranggono Masuk Agenda Rutin HUT Tuban

Kamis, 01 Nopember 2018 23:16:53
Reporter : M Muthohar
Wisuda Waranggono Masuk Agenda Rutin HUT Tuban

Tuban (beritajatim.com) - Pemerintah Kabupaten Tuban menggelar kegiatan Wisuda Waronggono yang berlangsung di kawasan wisata pemandian Sendang Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Kamis (1/11/2018). Wisuda dalam rangka serangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tuban yang ke-725.

Kegiatan Wisuda atau Siraman Waranggono tersebut akan menjadi agenda rutin setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tuban itu. Puluhan Waronggono yang berasal dari berbagai kecamatan di Tuban tersebut mengikuti ritual Siraman di Sendang Bektiharjo itu.

Pelaksanaan Siraman Waronggo yang merupakan bagian dari Seni Langen Tayub itu dibuka oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein. Mengawali wisuda para Waronggono itu, Wakil Bupati Tuban langsung melakukan Siraman dengan menyiramkan air bungan terhadap para Waronggono yang merupakan anggota baru.

"Kesenian budaya ini merupakan salah satu ciri khas kita, sekaligus warisan leluhur. Sehingga budaya ini perlu kita lestarikan," terang Noor Nahar Hussein, Wakil Bupati Tuban dalam acara tersebut.

Salah satu cara untuk menjaga dan melestarikan kesenian Langen Tayub itu, maka Pemerintah Kabupaten Tuban menjadikan kegiatan Siraman tersebut masuk dalam agenda tahunan HUT Pemkab Tuban. Dengan diikutkan dalam agenda hari jadi, kegiatan Wisuda Waranggono Langen Tayub Tuban itu akan semakin di kenal dan bisa menarik wisatawan.

"Kita berharap dengan kegiatan seperti ini akan bisa menjaga kelestarian keberadaan Langen Tayub dan membuat semakin dikenal," tambahnya.

Sementara itu, Sulistyadi, selaku Kepada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban menyatakan bahwa untuk tahun ini Waronggono baru yang ikut Wisuda sebanyak 9 orang. Selain Waronggone, dalam ritual tahunan itu juga diikuti puluhan Pramugari (Pembaca Acara dalam seni Langen Tayub) yang ikut dalam siraman.

"Total Waronggono yang ikut dalam wisuda tahun ini sebanyak 87 orang, yang mana sembilan dai mereka merupakan Waronggono baru. Sedangkan untuk Pramugari ada sebanyak 68 orang," ungkap Sulistyadi, Kepala Disparbudpora Kabupaten Tuban. [mut/but]

Tag : wisata tuban

Berita Terkait

Komentar

Kanal Gaya Hidup