Soal Pariwisata, Ini Keinginan Bupati Lumajang

Kamis, 01 Nopember 2018 21:09:12
Reporter : Harry Purwanto
Soal Pariwisata, Ini Keinginan Bupati Lumajang

Lumajang (beritajatim.com) - Bupati Lumajang Thoriq Haq mengingatkan ke pelaku wisata di kaki Gunung Semeru untuk lebih kreatif, inovatif dan kompetitif. Pasalnya, dunia Pariwisata kedepanya harus bisa bersaing dengan daerah lainya dan Lumajang harus bisa memiliki ke khususannya.

Hal ini disampaikan oleh Cak Thoriq saat membuka Rakorda Kepariwisataan dan Kebudayaan tahun 2018, di Gedung Sujono, Kamis (1/11/2018), dengan tema "Membangun Sinergitas Lintas Sektoral Dalam Rangka Percepatan Pembangunan Kepariwisataan dan Kebudayaan di Kabupaten Lumajang".

Bupati mengatakan, kegiatan ini ide dan forumnya bagus, tetapi diskusi harus lebih komprenhensif dengan memaksimalkan semua ide pikiran. Sharing tersebut diharapkan bisa menjadi bagian untuk pengembangan yang lebih menyeluruh dari semua potensi pariwisata di Kabupaten Lumajang.

"Saat ini kompetisi pariwisata itu menyatukan antara dunia pariwisata dengan seluruh tata kelola pariwisata yang variannya banyak," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, tata kelola persaingan pariwisata harus bisa berjejaring dan harus melakukan perlengkapan untuk mendukung sektor pariwisata. "Kita ini mau berinovasi sebenarnya, pilihannya banyak. Sudah peduli apa belum sama sensitifitas pariwisata," paparnya.

Orang nomor satu di Lumajang itu juga memgingatkan bahwa pariwisata bukan soal harga tapi jasanya standard apa tidak, serta apa makanan khas Lumajang. "Karena sampai saat ini, itu semua masih belum bisa terjawab," jelasnya.

Untuk itu, Cak Thoriq berkeinginan agar semua dapat mempolarisasi pikiran dan eksplor pariwisata dengan cara berjejaring/bekerjasama, sehingga ada hasil yang maksimal.

"Konten terhadap bagaimana membangun dunia pariwasata itu sebenarnya referensinya banyak, misalnya mengkombinasikan antara pariwisata dengan kebudayaan, pariwisata tidak bisa kering, harus tumbuh dan berkembang, dinamis dan hidup. Maka dari itu perlu ada budaya yang menyertainya, ada event, fasilitas serta ada infrastruktur," pungkasnya. [har/suf]

Tag : pariwisata

Berita Terkait

Komentar

Kanal Gaya Hidup