Anak Perlu Dikenalkan Seni Tradisional Sejak Dini

Minggu, 07 Oktober 2018 11:45:03
Reporter : Tulus Adarrma
Anak Perlu Dikenalkan Seni Tradisional Sejak Dini

Bojonegoro (beritajatim.com) - Banyak makna tersirat yang terkandung dalam kesenian tradisional. Baik itu yang disampaikan secara langsung maupun melalui bentuk pertunjukannya. Sehingga, mengenalkan kesenian perlu dilakukan orang tua kepada anak sejak dini.

"Seharusnya anak-anak dibelajarkan dan dikenalkan kebudayaan adat jawa sejak dini, sehingga kebudayaan adat jawa kita ini masih tetap utuh," ujar Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, Minggu (7/10/2018).

Selain mengenal nilai keluhuran adat dan tradisi bangsanya, tradisi jawa ini juga lestari. "Lihatlah sekarang, anak muda banyak yang mengidolakan artis luar Negeri di bandingkan mengidolakan kebudayaan kita sendiri," lanjutnya.

Hal itu disampaikan dalam pagelaran wayang kulit semalam suntuk sebelum mengadakan Ruwatan massal dan memperingati Bulan Syuro ke 2930 Tahun Jawa . Acara pergelaran wayang kulit ini dilaksanakan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro , kemarin malam.

Sebelum pagelaran wayang kulit, Bupati Bojonegoro disambut dengan meriah dengan alunan lagu yang dibawakan oleh empat pesinden dari Bojonegoro dan diiringi dengan tabuhan tabuhan gamelan jawa. Pagelaran wayang kulit tersebut dilakonkan oleh Ki Wardan Guna Carito Wibisono dari Bojonegoro, Ki Muri Mudo Darsono dari Padangan dan Ki Darjo Ragil Sajito, dari Sukosewu.

Hadir dalam pagelaran tersebut, Ketua DPRD kabupaten Bojonegoro,  Lembaga Pengkajian Pengembangan dan Pelestarian Cabang Bojonegoro (LP3BJ) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro dan Juga masyarakat Bojonegoro yang ikut meramaikan acara pagelaran wayang kulit tersebut. [lus/but]

Tag : seni tradisional

Berita Terkait

Komentar

Kanal Gaya Hidup