Majukan Wisata, Lumajang Gencarkan Sertifikasi Guide

Jum'at, 14 September 2018 20:04:42
Reporter : Harry Purwanto
Majukan Wisata, Lumajang Gencarkan Sertifikasi Guide

Lumajang (beritajatim.com) - Pariwisata Lumajang mulai dilirik oleh para Investor. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) mulai meningkatkan kapasitas para pelaku dengan menggelar pelatihan sertifikasi profesi dalam kepariwisataan.

"Ini sangat penting, jangan sampai orang Lumajang tidak berperan. Pelatihan sertifikasi profesi kepariwisataan segera kita gelar," ungkap Kadisparbud Lumajang, Deni Rohman pada beritajatim.com, Jumat (14/9/2018).

Menurut dia, masih banyak ditemui pelaku wisata di Lumajang belum meningkatkan kemampuan untuk menghadapi industri pariwisata. Bahkan, ada pelaku wisata yang sudah mengikuti sertifikasi Guide, tetapi lebih banyak menunggu dibanding menjemput peluang.

"Ini hambatan, padahal sudah banyak agen tour an travel mengajak wisatawan asing ke Lumajang," paparnya.

Disparbud juga menangkap peluang, sejumlah investor hotel dan penginapan mulai mencari tempat untuk menanamkan investasi. Kebutuhan tenaga kerja juga akan terjadi sesuai kompetensinya.

"Kemarin kita sudah menggelar kompetensi guide, kemudian home stay, serta suguhan makanan tradisional. kedepan ke hal spesifik profesi," jelasnya.

Dari pantauan disparbud, banyak sekali wisatawan asing maupun domestik memilih ke obyek wisata alam. Hingga, saat ini belum ada guide yang memiliki sertifikasi kompetensi.

"Kita ingin menggelar dan berkomunikasi dengan kementerian pariwisata," pungkasnya. [har/but]

Tag : wisata lumajang

Berita Terkait

Komentar

Kanal Gaya Hidup