Seniman Graffiti Luar Negeri Ikuti Festival di Surabaya

Kamis, 06 September 2018 01:13:02
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Seniman Graffiti Luar Negeri Ikuti Festival di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) - Festival Seni Jalanan berskala internasional kembali diadakan di Surabaya, kali ini merupakan komunitas pencinta seni graffiti, Rabu (5/9/2018). Bertajuk Yardfest Graffiti and Streat Art Festival, komunitas Panggon 140 mengajak seniman grafiti dari berbagai negara, seperti Kanada, Jepang, Vietnam, Singapura serta beberapa seniman lokal dari berbagai daerah seperti Jogjakarta, Depok, Jakarta, Semarang.

Yardfest kedua ini rencananya diadakan selama 3 hari, yakni 5-8 September 2018 dan malam puncak akan berlangsung di Frontage Ahmad Yani. Kegiatan ini berkonsep Graffiti Map, yakni seniman akan melukis tembok-tembok besar di berbagai titik di Surabaya secara serentak.

Titik-titik tersebut tersebar di 13 spot lokasi, yakni Jln. Nginden Intan Timur; Jln Raya Kedung Baruk; Jln Mleto; Jln Menur; Jln Karang Menur Timur; Jln Dharmawangsa; Jln Bawean Sub; Jln Ketabang; Jln Taman Apsari; Jln Kedungsari; Jln Gentengkali; Jln Kranggan dan Jln Temanggungan.

Panitia membuat konsep Graffiti Map sebagai tawaran konsep yang lebih matang dari Yardfest tahun lalu. "kegiatan ini dibuat tersebar agar kegiatan ini lebih dikenal oleh masyarakat yang lebih luas. Sehingga kegiatan ini bisa memberikan inspirasi bagi generasi muda agar lebih bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya," ujar Pino, Seniman Grafiti dari Panggon 140.

Fine, salah satu seniman Grafiti juga mengatakan bahwa kegiatan ini terintergrasi dengan para seniman grafiti lainnya di seluruh belahan dunia. "Kesenian ini masih menjadi kesenian underground yang meskipun kecil tapi saling terhubung dan memiliki ikatan yang kuat antar seniman-senimannya," ujarnya. [adg/suf]

Tag : seni, grafiti

Berita Terkait

Komentar

Kanal Gaya Hidup