Ini Jadwal Imsakiyah dan Asupan Energi yang Pas di Hari Pertama Ramadan

Rabu, 16 Mei 2018 16:19:35
Reporter : Kuntoro Rido Astomo
Ini Jadwal Imsakiyah dan Asupan Energi yang Pas di Hari Pertama Ramadan

Surabaya (beritajatim.com) - Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018. Itu artinya, umat muslim akan memulai ibadah puasa selama 30 hari.

Untuk Kota Surabaya dan sekitarnya, berikut jadwal Imsakiyah di hari pertama ramadan. Imsak jatuh pada pukul 04:03 WIB, Subuh 04.13 WIB, Zuhur 11:29 WIB, Asar 14:50 WIB, Magrib 17:22 WIB dan Isya 18:34 WIB.

Biasanya, pada hari pertama puasa, badan seringkali lemas ketika beraktivitas, karena tubuh baru menyesuaikan diri. Untuk itu, memilih menu sahur yang tepat menjadi salah satu kunci, agar tubuh tetap fit beraktivitas meskipun sedang berpuasa.

Dikutip dari artikel dr Karin Wiradarma di Klik Dokter, menyebutkan bahwa energi untuk bekal puasa seharian benar-benar bergantung pada apa yang dikonsumsi saat sahur.

Agar sahur Anda benar-benar mendatangkan energi yang optimal dan tahan lama, salah satu makanan yang direkomendasikan adalah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, dan sereal gandum.

Selain itu, dianjurkan pula untuk menambahkan makanan berprotein seperti daging sapi rendah lemak, ayam tanpa kulit, ikan, tempe, tahu, telur, dan susu ke dalam menu sahur. Akan lebih baik lagi, bila menu-menu di atas Anda sandingkan dengan sayur dan buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral.

Dan sebaiknya hindari mengonsumsi karbohidrat sederhana dari makanan dan minuman manis, seperti kue, teh manis, dan jus sebagai menu sahur. Selain itu, juga tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak, seperti daging kambing, nasi goreng, mi goreng, dan makanan bersantan. Hindari pula sayur yang dapat membuat Anda kembung, seperti kol, kubis, dan brokoli. Tetap ingat, makanan yang disarankan pun sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. [kun]

Tag : ramadan

Berita Terkait

Komentar

Kanal Gaya Hidup