Ada Festival Seminggu di Songgon, Seperti Apa?

Sabtu, 21 April 2018 17:43:43
Reporter : Rindi Suwito
Ada Festival Seminggu di Songgon, Seperti Apa?

Banyuwangi (beritajatim.com) - Tak pernah berhenti dengam ragam kegiatan, Banyuwangi terus giat mengembangkan potensi pariwisatanya dalam bentuk festival. Kali ini Kecamatan Songgon yang menggelar festival bertajuk 'A Week in Songgon'.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan dengan keunikan alamnya, Songgon memiliki potensi wisata yang cukup baik. Di antaranya, wisata hutan pinus maupun wisata sungai yang cukup besar dan menarik untuk rafting

"Saya kira Songgon ini menarik, karena tentunya ada kegiatan yang tidak bisa dibawa ke kota maka dikerjakan di sini. Dan festival satu minggu di Songgon ini bisa menjadi kegiatan yang memang dilaksanakan atas inisiasi pihak kecamatan dan membangkitkan kreatifitas masyarakat di sekitarnya,"

"Banyak aktifitas wisata olahraga yang akan digelar. Dari rafting, tubing, panahan, berkuda hingga paintball, yakni permainan tembak-tembakan dengan peluru bola warna," jelas Anas, Sabtu (21/4/2018).

Adanya kegiatan ini, kata Anas, memacu kecamatan lain agar mampu berinovasi dengan meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat maupun inovasi pariwisatanya. Lebih dari itu, di beberapa kecamatan tentunya juga banyak masyarakat kecil yang berpotensi turut menikmati perkembangan pariwisatanya.

"Tentu ke depan, kualitasnya akan ditingkatkan. Ini murni partisipasi dari bawah dan dianggarkan juga dari bawah," ujarnya.

Sementara itu, Camat Songgon Wagianto mengatakan ada 3 kelompok pengelola pariwisata di Desa Sumberbulu. Di antaranya, X-Badeng dan Karo Adventure yang menawarkan kegiatan rafting, tubing dan panahan. Maupun Wisata Hutan Pinus yang menyediakan hawa sejuk untuk kegiatan edukasi alam, berkuda, berkemah, outbond, dan arena selfie pilihan.

"Ada 3 komunitas pengelola wisata, Pinus, Badeng dan Karo. Per bulan mendapatkan kunjungan 600 orang, ada naik turunnya jumlah pengunjung," pungkas Wagianto. [rin/suf]

Tag : wisata banyuwangi

Berita Terkait

Kanal Gaya Hidup