Kucing 'Busok' Raas Primadona Kontes Kucing Internasional

Sabtu, 14 April 2018 16:48:18
Reporter : Temmy P.
Kucing 'Busok' Raas Primadona Kontes Kucing Internasional

Sumenep (beritajatim.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar kontes kucing internasional bertajuk 'Indonesia Bred and Raas Catshow' pada Sabtu (14/4/2018).

Kontes kucing yang merupakan salah satu kalender kegiatan 'Visit Sumenep 2018' tersebut diikuti 107 peserta dari berbagai kota. Kucing yang ikut dalam kontes ini dari berbagai jenis. Mulai anggora, persia, mesir, dan beberapa jenis lain. Termasuk kucing lokal asal Pulau Raas, yang disebut kucing 'busok'.

"Kucing 'busok' ini memang istimewa. Dari warna bulunya hingga tingkah lakunya. Kucing ini memang spesies aslinya hanya ada di Pulau Raas," kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim usai membuka 'Indonesia Bred and Raas Catshow'.

Kontes kucing internasional tersebut, mendatangkan dua juri dari luar negeri, yakni Lesley Morgan dari Tasmania, dan Awaludin Jaafar dari Malaysia.

"Kontes kucing internasional ini sesuatu yang membanggakan bagi kami. Kami juga ingin agar kucing 'busok' sebagai kucing asli Raas, bisa dikenal ke kancah internasional. Kalau di tingkat nasional sudah banyak yang tahu. Buktinya banyak peserta dari luar kota yang kucingnya kucing busok," ujarnya.

Kucing 'busok' mempunya warna bulu yang khas, yakni abu-abu tua polos. Kucing asli Pulau Raas ini dikenal lincah dan garang. Tekstur bulunya pendek, halus, dan mengkilap.

"Kucing 'busok' ini gak pilih-pilih makanan. Dikasih makanan padat seperti kucing anggora mau. Dikasih nasi dan ikan juga mau. Kalau dari sisi kualitas, kucing 'busok' ini meski kucing lokal, tapi tidak kalah dengan kucing persi atau lainnya," tandas Busyro. [tem/suf]

Tag : kucing

Berita Terkait

Kanal Gaya Hidup