Ini Ayam Kesrut Khas Banyuwangi Ala Farah Quinn

Kamis, 12 April 2018 17:15:54
Reporter : Rindi Suwito
 Ini Ayam Kesrut Khas Banyuwangi Ala Farah Quinn

Banyuwangi (beritajatim.com) - Dalam Festival Banyuwangi Kuliner kali ini mengambil tema Ayam Kesrut. Secara khusus, koki kondang Farah Quinn juga turut hadir untuk melakukan demo masakan tradisional aseli Bumi Blambangan itu. 

Farah Queen mengatakan, ayam kesrut tergolong makanan sehat karena tidak melalui proses menggoreng. Selain itu, ayam kesrut ini sangat mudah dibuat. "Hallo warga Banyuwangi sudah nggak sabar melihat saya memasak ayam kesrut?," kata Farah Quinn sembari menyapa warga di Taman Blambangan, Banyuwangi, Kamis (12/4/2018).

Dengan gayanya yang lincah, Farah pun kemudian memulai masak ditemani Dani Azwar Anas, istri Bupati Abdullah Azwar Anas.

"Pertama, mari kita bland dulu bumbunya ada cabai merah besar, cabai kecil. Masukin kaldunya, ditambah gula dan garan secukupnya," katanya.

Koki cantik ini perlahan juga menyebutkan beberapa bumbu yang menjadi resep masakan ayam kesrut itu. "Saya kasih cabai merah agar tidak hanya mendapat tampilannya yang cantik, tapi juga agar terlihat kesan spicy," ungkapnya.

Ditambah lengkuas, daun salam dan belimbing wuluh. Tujuannya, agar masakannya harum dan segar. 

"Nanti kita juga akan kasih lada dan sedikit garam. Dan ada tomat agar masakan ekstra seger," ucapnya. 

Saat masakan matang, Farah pun langsung mencicipi. "This is it. Excellence spicy. Rasa asamnya segar," ucap Farah. 

Dalam kesempatan itu, Farah menyarankan agar rakyat Indonesia bangga kepada kekayaan potensi nusantara, khususnya kuliner. 

"Ini bisa menaikkan kuliner lokal kita. Bila kita sudah bangga, kebanggan itu pasti akan terekam dalam piring makanan kita," kata Farah. (rin/ted)

Tag : kuliner

Berita Terkait

Kanal Gaya Hidup