STP Nusa Dua Bali Beri Pelatihan Wisata di Lumajang

Jum'at, 06 April 2018 21:16:42
Reporter : Harry Purwanto
STP Nusa Dua Bali Beri Pelatihan Wisata di Lumajang

Lumajang (beritajatim.com) - Sebanyak 60 pelaku wisata di Kabupaten Lumajang mendapat pelatihan dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua - Bali di Hotel Aloha selama 2 hari, 6-7 April 2018. Pelatihan tentang pengelolaan pondok wisata yang berkompetensi dan disukai wisatawan asing.

Kegiatan digelar selama dua hari bagian dari pengabdian masyarakat mahasiswa STP. Diharapkan pelaku wisata yang terdiri dari pengelola hotel dan home stay di Kabupaten Lumajang lebih memahami ilmu kepariwisataan.

Manajer Sertifikasi STP, Wayan Jata, mengatakan, Kabupaten Lumajang adalah daerah yang memiliki potensi wisata yang luar biasa dan masuk dalam pengembangan 10 destinasi wisata nasional. Namun, yang menjadi kendala adalah sumber daya manusia (SDM) dan sikap dalam menyambut wisatawan sebagai tamu yang harus dilayani.

"Saat ini yang menjadi kendala adalah SDM, sikap, pengetahuan dan keterampilan dari pengelola home stay yang harus disiapkan," jelasnya.

Pada hari pertama, penyampaian materi. Lalu hari kedua, praktek yang akan dilakukan oleh semua peserta.

Materi yang diberikan adalah Skema Okupasi Receptionist dan Room Attendant serta Skema Okupasi Waiter dan Commis Chef. "Hari pertama adalah penyampaian materi dan hari kedua akan dilakukan praktek, baik memasak, receptionist dan lainnya. Kalau sudah punya etitut, punya pengetahuan maka tinggal keterampilan dalam melayani tamu yang baik seperti apa," paparnya.

Sekretrias Dinas Pariwisata dan Kabudayaan Kabupaten Lumajang, Eddy Hozayni mengucapkan terima kasih kepada STP Nusa Dua Bali. "Senyampang kita memiliki kerjasama dengan Bali dan hari ini ada kegiatan dari STP Nusa Dua Bali, maka itu harus dimanfaatkan dengan baik untuk peningkatan SDM pelaku wisata di Lumajang," jelasnya. [har/but]

Tag : wisata lumajang

Berita Terkait

Komentar

Kanal Gaya Hidup