Penggemar Burung Perkutut Gelar Latber di Malang Selatan

Minggu, 04 Maret 2018 16:07:52
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Penggemar Burung Perkutut Gelar Latber di Malang Selatan

Malang (beritajatim.com) - Guna mendongkrak ekonomi masyarakat pedesaan dan potensi pariwisata lokal, puluhan penggemar kicau burung perkutut menggelar latihan bareng (Latber) di Desa Ringinsari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Minggu (4/3/2018).

Agenda yang akan dirutinkan setiap bulanya itu, dihadiri puluhan penggemar burung perkutut dari  kota Malang, Kepanjen dan Malang Selatan.

"Latihan bersama burung perkutut ini disamping menyalurkan hobby juga menjalin silaturahim antar penggemar. Selain itu diharapkan dapat mendongkrak perekonomian dan pariwisata Malang Selatan khususnya. Karena diwilayah Malang Selatan ini banyak tempat wisata alam dan pantai yang mempesona,” ungkap Kades Ringinsari, Misenan Ulul Albab, Minggu (5/3/2018) siang. 

Menurutnya, kegiatan latber burung perkutut ini juga   untuk mengukur kualitas burung atau untuk menentukan kualitas burung  terbaik yang layak diperlombakan. 

Sementara itu, Totok salah seorang penggiat burung perkutut asal Kepanjen mengatakan, latber saat ini diikuti oleh sebanyak 42 ekor perkutut campuran mulai dari kelas senior dan yunior untuk persiapan lomba mulai tingkat regional, nasional bahkan tingkat Asia. "Dalam penilaian lomba nanti, selain dari keindahan bunyi juga keluesan serta mental burung saat dilombakan. Untuk wilayah Malang Raya sudah pernah ikut lomba tingkat regional dan nasional. Bahkan pernah raih juara VII tingkat Asia,” beber Totok. 

Terpisah, Kusnadi selaku juri lomba burung perkutut tingkat nasional menambahkan, latber kali ini sekaligus  membentuk kepengurusan Sub PK Malang Raya untuk wilayah Sumbermanjing Wetan. Pihaknya  berharap masyarakat wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan, selalu kompak dan mengikuti aturan termasuk tata tertib dalam pelatihan sarana belajar untuk memilih serta mendengarkan suara perkutut yang layak diperlombakan.

“Dalam latber ini juga ada sebagian jenis burung  yang pernah ikut lomba maupun yang baru tahap pemula. Dengan giat positif yang baru pertama kali digelar, bisa menjadi wadah untuk menyeleksi burung perkutut terbaik di Malang Raya,” pungkasnya. (yog/ted)

Tag : satwa

Berita Terkait

Komentar

Kanal Gaya Hidup