Asiknya Belajar Hydroponik di Kebun Pak Budi Purwosari

Minggu, 11 Februari 2018 12:30:50
Reporter : Wahyu Hestiningdiah
Asiknya Belajar Hydroponik di Kebun Pak Budi Purwosari

Pasuruan (beritajatim.com) - Bagi yang suka bercocok tanam namun susah cari kebun di pelataran rumah, tidak ada salahnya belajar mengolah tanaman dengan konsep green house Hydroponik seperti di tempat Wisata Kebun Pak Budi, Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur.

Ditempat ini, para wisatawan selain bisa mengenal jenis tanaman hydroponik sayur juga bisa berkonsultasi bagaimana cara bercocok tanam dengan menggunakan metode ini.

Masud, Pengelola pertanian hydroponik Kebun Pak Budi mengatakan jika penanaman dengan metode seperti ini sebenarnya gampang, yang terpenting tahu proses pengelolaanya sejak awal.

Tim beritajatim.com diberi kesempatan untuk belajar menanam pola green house seperti ini, pertama bibit sayur seperti selada yang dicontohkan ini di tabur di atas rokwoll atau sejenis serat batu, lalu bibit ini di semai selama satu minggu. Barulah dipindahkan ke netpot selama satu minggu lalu dipindahkan ke lubang gulih yang ada saluran air atau kedalam pipa dan ditunggu selama 35 hari siap panen.

Untuk jenisnya di tempat ini para petani menggunakan dua teknik yakni hydroponik Dryp sisten untuk buah dan nition film untuk sayur.

"Perawatanya tidak terlalu susah asal tahu bagaimana proses penanamannya, saat ini kita masih mencoba menanam hydroponic nutrion film sayur dan hydroponik dryp sistem untuk buah," ucapnya, minggu (11/2/2018).

Jenis sayuran hydroponik diwasata yang menempuh satu setengah jam dari surabaya ini masih fokus pada jenis selada. Seperti Lolorasa, double red, oakleaf green,batavian letus, butter hed lettus , romane, kalle. sedangkan untuk buahnya para pertani masih memilih buah durian musangking, mangga irwin , manalagi, kelengkeng itoh, jambu air madu deli.

Yang menarik, bukan hanya mendapat educasi tengang pertanian dan peternakan. Para pengunjung juga bisa membeli selada hydroponik yang di kembangkan di greenhouse. [way/kun]

Tag : hydroponik

Berita Terkait

Komentar

Kanal Gaya Hidup