Ada Deklarasi Toleransi Dunia di Hari Batik

Senin, 02 Oktober 2017 15:26:00
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Ada Deklarasi Toleransi Dunia di Hari Batik

Malang (beritajatim.com) - Hari Batik di Malang diwarnai dengan deklarasi toleransi dunia. Oneng dalam film 'Bajaj Bajuri' atau Anggota DPR RI, Rieke Diah Pitaloka, memimpin langsung deklarasi di halaman depan Balai Kota Malang, Senin, (2/10/2017).

Politisi PDIP itu membacakan deklarasi. Diantaranya berisi stigmasisasi, penyebar kebencian dan menolak kekerasan. Selain Rieke juga hadir DPR RI, Ridwan Hisjam, Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, dan Ketua Pengembangan IKIP Budi Utomo, Nurcholis Sunuyeko.

"Ujian dan tantangan ke depan akan semakin berat dalam menjaga keberagaman. Kami harapkan semua pemuda menjadi pelopor untuk menjaga keberagaman di Indonesia," kata Rieke.

Rieke menyebut menjaga kehidupan harmonis tanpa memandang golongan Suku, Agama, dan Rasa harus dilakukan. Ia berharap deklarasi toleransi mampu mendorong penyelesaian konflik secara damai serta membantu penanganan korban tragedi kemanusiaan dan semangat perdamaian.

"Menjaga dan memperjuangkan kehidupan yang harmonis, tanpa memandang perbedaan Suku, Agama, Ras dan Golongan. Batik sebagai simbol toleransi dunia," tandasnya.

Berbagai perayaan digelar di peringatan Hari Batik di Malang, selain menampilkan kesenian tradisional dan deklarasi toleransi. Rieke, Ridwan Hisyam, Sutiaji, dan beberapa turis mancanegara yang hadir turut diajak menari diatas panggung. [luc/but]

Tag : fashion

Berita Terkait

Kanal Gaya Hidup