Serunya Ibu-ibu di Pasuruan Ikuti Permainan Tradisional

Minggu, 10 September 2017 19:39:51
Reporter : Shohibul Hujjah
Serunya Ibu-ibu di Pasuruan Ikuti Permainan Tradisional

Pasuruan (beritajatim.com) - Ratusan ibu-ibu di Kabupaten Pasuruan tampak begitu ceria dan penuh semangat mengikuti lomba permainan tradisional, yang digelar oleh Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kabupaten setempat.

Lomba yang baru pertama kali digelar tersebut, diselenggarakan di Lapangan Nguling, Kabupaten Pasuruan. Tampak, suasana penuh kekeluargaan dan kegotong-royongan dengan menjunjung sportivitas terlihat melalui permainan olahraga dan kesenian tradisional itu.

"Ada beberapa olahraga dan kesenian tradional yang dilombakan pada hari ini (Minggu, 10/9/2017). Di antaranya, dagongan (saling dorong dengan bambu), engrang, terompah (kelompen) gandeng dan ojung (cambuk rotan)," ujar Ketua Formi Kabupaten Pasuruan, Lulis Irsyad Yusuf.

Menurutnya, tradisi dan budaya yang ada di masyarakat melalui permainan rakyat menunjukkan rasa kebersamaan, kegotong-royongan dan kekeluargaan tinggi. "Makanya kami yang tergabung dalam Formi Kabupaten mengajak semua pihak menjaga dan melestarikan budaya serta tradisi masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Iswahyudi mengatakan, melestarikan permainan dan olahraga tradisional, adalah cermin dari karakter Bangsa Indonesia yang sesungguhnya.

"Permainan dan olahraga serta kesenian tradisional justru menjadi pengikat tali silaturahmi yang kuat. Sehingga istilah kalah menang diterima dengan sangat sportif. Bahkan, meski kalah, tetap saja terbahak dan menunjukkan rasa guyub," pungkasnya. [oci/suf]

Tag : seni tradisional

Berita Terkait

Kanal Gaya Hidup