Tiga Kopi Asli Pasuruan Dapat Hak Paten Kemenkumham

Kamis, 07 September 2017 19:12:45
Reporter : Shohibul Hujjah
Tiga Kopi Asli Pasuruan Dapat Hak Paten Kemenkumham

Pasuruan (beritajatim.com) - Tiga Kopi Asli Kabupaten (Kapiten) Pasuruan, mendapatkan hak paten dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Ketiga kopi tersebut yaitu Kopi Ledug, kopi Jos, dan kopi Arjuno Semar, Kamis (07/8/2017).

"Saat ini sudah ada tiga kopi asal Pasuruan yang sudah mendapatkan hak paten dari Kemenkumham. Tiga kopi itu adalah Kopi Ledug milik Kelompok Tani (Poktan) Prigen, kopi Jos milik Poktan Tutur, Arjuno Semar milik Poktan Tambaksari Purwodadi," kata Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf saat menghadiri acara Petik Kopi Merah di Dusun Gunung Malang, Desa Tambak Sari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Irsyad menambahkan, kopi milik petani kopi ini dibranding menjadi satu nama yakni Kapiten. Sebab menurutnya, branding Kapiten ini ternyata cukup berhasil. Bahkan, kopi kapiten yang merupakan kumpulan kopi-kopi milik petani kopi di Pasuruan sudah bisa masuk di pasar nasional.

"Salah satu yang membuat branding Kapiten yaitu karena kopi ini memiliki cita rasa sendiri. Bagi sebagian orang, kopi Pasuruan memiliki keunikan di citarasa yang tidak dimiliki kopi dari daerah lainnya," ucap Bupati yang akrab disapa Gus Irsyad tersebut kepada beritajatim.com.

Selain itu, ia juga mengatakan, pihaknya sudah mengalokasikan anggaran khusus untuk mempromosikan dan mengembangkan kopi asli Pasuruan tersebut. Salah satunya yaitu pihaknya menjalin kerjasama dengan Pusat Penelitian (Puslit) dan Kakau Jember.

"Kerjasama tersebut dilakukan untuk membentuk Unit Pengelolaan Hasil (UPH). Jadi, kopi-kopi yang dihasilkan petani ini diuji dan dikelola lebih dulu di UPH. Dan kami berharap melalui UPH ini, nantinya bisa menjadi kontrol dari kopi yang dihasilkan petani. Sehingga bisa menjaga cita rasa kopi Kapiten agar tetap terjaga," pungkasnya. (oci/ted).

Tag : kopi

Berita Terkait

Kanal Gaya Hidup