130 Wisman Kunjungi Keraton dan Pantai Sembilan

Selasa, 16 Mei 2017 12:54:48
Reporter : Temmy P.
130 Wisman Kunjungi Keraton dan Pantai Sembilan

Sumenep (beritajatim.com) - Sebanyak 130 wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Sumenep, Selasa (16/05/2017). Para turis dari berbagai negara di Eropa tersebut dijadwalkan mengunjungi Keraton Sumenep dan Pantai Sembilan, Kecamatan Giligenting.

"Para wisman itu naik kapal pesiar, sandar di Pelabuhan Tanjung, Saronggi. Mereka akan mengunjungi keraton dan Pantai Sembilan," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olah Raga Sumenep, Sufiyanto.

Setiba di Keraton Sumenep, para turis disambut dengan pengalungan selendang, dan disuguhi kesenian tradisional Sumenep yakni tari 'Batu Cening', serta musik gamelan. Selain itu, para wisman juga disuguhi makanan tradisional khas Sumenep seperti apen dan getas. Bahkan para turis asing itupun diberi kesempatan untuk melihat langsung kegiatan membatik tradisional menggunakan canting dan lilin, oleh para pengrajin batik tulis Sumenep.

"Para pengrajin batik ini sengaja kami undang ke keraton, supaya tamu-tamu dari mancanegara ini bisa melihat langsung, bagaimana proses pembuatan batik tulis disini," ujar Sofi.

Ia menuturkan, kunjungan wisman ke Sumenep itu merupakan kunjungan keempat kalinya. Dijadwalkan akan ada 12 kali kunjungan rombongan wisman ke Sumenep hingga akhir 2017.

"Kenapa Sumenep ini kerap menjadi bagian dari rangkaian kunjungan wisman? Karena kami selama ini memang memberikan keleluasaan pada agen travel untuk membuat wisman senyaman mungkin dengan 'cost' yang sangat efisien," ucapnya.

Menurutnya, di Pantai Sembilan selain menikmati keindahan pantai, para turis asing juga akan disuguhi kesenian tradisional. "Pilihan mengunjungi objek wisata Pantai Sembilan ini berdasarkan hasil survei mereka. Jadi mereka sendiri yang menentukan akan berwisata kemana selama di Sumenep," terangnya. [tem/but]

Tag : wisata sumenep

Berita Terkait

Kanal Gaya Hidup