Gulai Kepala Ikan Jadi Menu Favorit di Hotel Berbintang

Senin, 15 Mei 2017 22:51:05
Reporter : Wahyu Hestiningdiah
Gulai Kepala Ikan Jadi Menu Favorit di Hotel Berbintang

Surabaya (beritajatim.com) - Ikan selain memiliki kandungan kalsium yang bagus untuk tulang, juga memilik banyak manfaat untuk tubuh. Tak jarang kini para penikmat kuliner memilih ikan sebagai referensi kuliner. Dinikmati bersama keluarga atau kawan.

Seperti salah satunya di Papilo Hotel. Ya, hotel berbintang lima ini menyajikan menu gulai kepala ikan. Menurut Rudy, Chef Papilio Hotel, menu ini terinspirasi saat melakukan survei di pasar. Di tempat tersebut Rudy melihat banyak kepala ikan. Nah, saat itulah Chef Papilio berpikir, untuk menjadikan kepala ikan itu menjadi olahan yang unik.

Diolah dengan racikan bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, cabai rawit, jahe, laos, kunyit, kemiri, dan ketumbar. Seluruh bumbu itu dihaluskan dan ditumis bersama minyak ataupun mentega.

Jika sudah tercium aroma khas, maka dapat memasukkan daun jeruk purut, serai, belimbing wuluh yang diiris tipis dan cabai hijau yang diranjang tipis. Kemudian dilanjutkan dengan kaldu ikan sebagai kuahnya.

Setelah mendidih lalu dilanjutkan dengan seasoning (garam, gula, merica), barulah santan dicampurkan. Terakhir kepala ikan kakap yang telah diberi lemon juice, cuka ataupun jeruk nipis, dan didiamkan selama 30 menit lalu dimasukkan.

"Kepala ikan kakap adalah kepala ikan yang paling pas. Sebab tkstur dari kepala kakap adalah kepala yang pas untuk olahan gulai,"ungkap Rudy, Senin (15/5/2017).

Dengan harga Rp75 ribu per porsi, Anda pecinta kuliner bisa mencoba sensasi menu kepala ikan ini selama bulan Mei. Tak terkecuali menu ini juga bisa menjadi pilihan ketika berbuka puasa di Ramadan mendatang. [way/suf]

Tag : kuliner

Berita Terkait

Kanal Gaya Hidup