40 Tahun Berbisnis Cat, Avian Brands Akhirnya Miliki Gedung Ikonik

Jum'at, 02 Nopember 2018 21:46:54
Reporter : Renni Susilawati
40 Tahun Berbisnis Cat, Avian Brands Akhirnya Miliki Gedung Ikonik

Surabaya (beritajatim.com) - Avian Brands yang merupakan salah satu produsen cat yang mulai menjalankan pabrik cat di Sidoarjo tahun 1978. Kini setelah 40 tahun Avian Brands memiliki gedung yang ikonik dan mengundang penasaran mata yang melihatnya dari kejauhan.

Bangunan gedung Avian Brands ini akan terlihat jelas ketika pengendara mobil berada di pintu keluar tol Juanda - Waru. Bangunan yang dari kejauhan terlihat seperti gedung oval melintir pencakar langit.

Bangunan ini agaknya meng-ekspektasi-kan perjalanan bisnis Avian Brands yang dinamis dan terus mencapai puncaknya hingga mampu menjadi brand cat yang sejajar dengan brand luar negeri yang ada di Tanah Air.

Menurut Wiyono Tanoko, Presiden Direktur Avian Brands, bangunan ikonik ini dibangun mahasiswa dari Surabaya sendiri yakni Universitas Petra. Alasannya memilih arsitek dari mahasiswa Petra sendiri pun sederhana. Sebab Avian Brands lahir dan besar dari Jawa Timur.

Walhasil, bangunan kantor Avian Brands yang desas-desusnya dibangun oleh arsitek luar negeri ini pun terbantahkan. Avian Brands tak hanya mampu melesatkan bisnisnya dari Jatim tetapi juga mampu mengangkat potensi anak muda di Jatim melalui gedung kantornya yang instagramable.

"Saya juga kaget hasilnya begini, banyak sebutan untuk gedung baru kami ini. Ada yang bilang gedung es krim, gedung obor, dan banyak sebutan lainnya. Tetapi ini asli karya anak bangsa," beber Wiyono Tanoko, usai pembukaan kantor baru Avian Brands, Jumat (2/11/2018).

Gedung hanyalah sebuah simbol bagi Wiyono Tanoko yang merupakan generasi kedua penerus bisnis cat orangtuanya itu. Tujuan utama mereka adalah mengembangkan produk cat Avian Brands lebih luas lagi hingga ke pelosok negeri. Sehingga pabrik Avian Brands awalnya hanya memiliki 18 karyawan pada 40 tahun silam dan kini sudah mampu menafkahi 6.200 karyawannya itu bisa sejajar dengan brand cat dari luar negeri.

"Bisnis cat ini, cukup unik sebab kami harus memenej mulai dari pabrik pembuatan cat, produk kreasi cat hingga pemasarannya sendiri. Bahkan kami yang pertama memiliki mesin tingting (pencampur warna) untuk cat anti lembab atau no drop. Dan kami punya ribuan warna cat serta berbagai jenis cat dengan berbagai segmen pemasaran mulai dari premium hingga harga yang ekonomis," jelas Robert Tanoko, Direktur Avian Brands.

Sementara itu Ruslan Tanoko, Vice Presiden Avian Brands mengaku manajemen mereka terus menggenjot penjualan dengan memperluas sebaran wilayah pemerataan distribusi produk, yang bukan hanya di kota besar,  tetapi juga hingga ke area sub-urban. Tidak hanya di kota-kota besar, namun telah masuk ke wilayah Kabupaten.

"Kamu berharap agar seluruh warga negara Indonesia mendapetkan akses ke produk-produk Avian Brands dimanapun mereka berada. Selain itu, melalui Avian Brands Peduu, kami ingin agar ntebih luas menjangkau pemerataan CSR ke seluruh pelosok Indonesia," harap  Ruslan.

Dikatakan saat ini pihaknya membuka 11 kantor pemasaran baru di berbagai pelosok, termasuk diantaranya Lhokseumawe, Rengat, Kotabumi, Palangkaraya, Lombok, Maumere, dan Palopo. Dengan demikian, total kantor pemasaran Avian Brands di tahun 2018 mencapai 78 Iokasi.

"Rencananya, tahun depan, di bulan Januari untuk pertama kaIinya kami akan membuka kantor di wilayah Papua, yaitu di Jayapura. Selanjutnya, kami akan terus menambah cabang Avian Brands, di antaranya di Sorong-Ternate-Payakumbuh-Sintang. Target kantor pemasaran Avian Brands di tahun 2019 mencapai 86 cabang," jelas Ruslan Tanoko.

Tak hanya itu saja, Avian Brands yang dibesarkan oleh generasi kedua yakni Wiyono Tanoko dan adiknya Hermanto Tanoko serta anak-anak pertama mereka Ruslan Tanoko dan Robert Tanoko, tahun depan di kuartal ke 3 akan menjual 10 persen saham mereka ke publik. Dengan rencana IPO ini Avian Brands dipastikan akan menjadi perusahaan terbuka yang semakin profesional.

"Kami pastikan setelah hiruk pikuk pemilihan umum ini, Avian Brands akan melantai di bursa saham. Dengan begitu semua masyarakat bisa menjadi bagian dari Avian Brands yang membuat perusahaan semakin dicintai oleh masyarakat Indonesia," tandas Hermanto Tanoko, President Commisioner Avian Brands. [rea/ted]

Tag : avian paint

Berita Terkait

Komentar

Kanal Ekonomi