BSN Sebut PG Salah Satu Industri Penerap SNI Terbaik

Sabtu, 27 Oktober 2018 19:10:07
Reporter : Deni Ali Setiono
BSN Sebut PG Salah Satu Industri Penerap SNI Terbaik

Gresik (beritajatim.com) - Badan Standarisasi Nasional (BSN) menyebutkan produsen pupuk regional, PT Petrokimia Gresik (PG) menjadi salah satu industri yang menerapkan SNI dengan kualitas terbaik. Penegasan ini disampaikan oleh Ketua BSN, Bambang Prasetya saat mengunjungi PT Petrokimia Gresik, Sabtu (27/10/2018).

Masih menurut Bambang, beberapa pelaku usaha sudah membuktikan konsistensinya dalam menerapkan SNI. PG adalah salah satu industri yang terbaik yang dimiliki oleh negara. Tidak heran perusahaan tersebut menerima SNI award dalam standarisasi.

"BSN selalu menilai perusahaan atau organisasi yang dinilai paling baik dan konsisten dalam menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Perusahaan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari para pakar, praktisi, dan pemerintah, melalui serangkaian seleksi administratif hingga on site (peninjauan ke lapangan). Ketatnya seleksi menjadikan SNI Award sebagai penghargaan yang prestisius," ujarnya.

Dirut PT Petrokimia Gresik Nugroho Christijanto mengatakan, perusahaannya terus berkomitmen dalam membangun budaya mutu dan menciptakan produk yang berkualitas.

"Perusahaan sangat berkepentingan terhadap penerapan SNI di dalam produksi dan peningkatan kualitas produk. Perusahaan berkomitmen memproduksi pupuk dan non pupuk sesuai SNI untuk memenuhi target pemasaran dengan tetap memperhatikan efisiensi dan produktivitas," katanya.

Penerapan SNI lanjut dia, membantu penjualan komersial dengan mengandalkan kualitas produk yang prima, untuk mengantisipasi persaingan harga yang sengit, termasuk menghadapi impor dengan kondisi eksternal yang semakin dinamis.

Hasil nyata yang tampak adalah meningkatnya penjualan ekspor pada 2017 sebesar 100 persen  dibandingkan tahun 2016. "Dampak lain dari SNI adalah penjualan gypsum untuk produk non pupuk juga meningkat," tuturnya.

Selain PG, di Gresik sudah ada 74 perusahaan yang menerapkan SNI di Gresik. Dari jumlah itu, sebagian besar didominasi oleh perusahaan modal dalam negeri (PMDN). [dny/suf]

Tag : petrokimia gresik

Berita Terkait

Komentar

Kanal Ekonomi