Stok Beras Bulog Kediri Hingga Pertengahan Tahun Depan

Minggu, 07 Oktober 2018 19:41:40
Reporter : Nanang Masyhari
Stok Beras Bulog Kediri Hingga Pertengahan Tahun Depan
foto: ilustrasi

Kediri (beritajatim.com) - Hujan yang sempat turun belakangan ini seolah masih terhenti dan belum berlanjut sampai sekarang. Sehingga, masyarakat di Kediri menganggap pada bulan-bulan ini musim kemarau masih terjadi.

Kondisi ini mempengarahi masa panen para petani di pedesaan. Mesipun demikian, Bulog Divre Kediri sebagai sebagai salah satu lembaga ketahanan pengan menyatakan stok beras masih aman. Bahkan Bulog mengungkapkan minimnya serapan belakangan ini, tidak berakibat fatal bagi stok yang ada dan masih aman hingga berbulan-bulan ke depan.

Kepala Bulog Sub Divre Kediri Defrizal mengatakan dari empat gudang yang dimiliki, yakni Gudang Paron, Banyakan, Candirejo dan Kedodong saat ini masih tersedia 13 ribu ton. Dengan jumlah tersebut apabila untuk kebutuhan bansos rastra, dengan asumsi kebutuhan sebanyak 2 ton untuk tiga wilayah, meliputi Kota Kediri, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk, maka cukup untuk 6 bulan ke depan.

"Di beberapa daerah kini sudah menerapkan bantuan pemerintah non tunai (BPNT). Sehingga stok kami masih cukup untuk waktu enam bulan ke depan," kata Defrizal, Minggu (7/10/2018).

Lebih lanjut menurut Defrizal mengatakan, dengan banyaknya stok tersebut hal itu bisa digunakan untuk mengantisipasi kenaikan beras dengan cara menggelontorkan beras medium ke pasaran.

Disisi lain, penyerapan beras di Subdrive Bulog Kediri sudah mencapai hampir 80 persen lebih. Di tingkat Jawa Timur, Kediri masuk peringkat tiga. Untuk cuaca memang ada pengaruh penyerapan, yang biasanya satu hari bisa menyerap 150 ton saat ini hanya bisa menyerap sekitar 60 sampai 100 ton.

Meskipun begitu pihaknya optimistis kedepan bisa memenuhi target, mengingat masih ada peluang untuk melakukan penyerapan. [nng/suf]

Tag : bulog

Berita Terkait

Komentar

Kanal Ekonomi