Sikap Panik Bikin Rupiah Makin Terpuruk

Selasa, 18 September 2018 07:17:25
Reporter : Renni Susilawati
Sikap Panik Bikin Rupiah Makin Terpuruk

Surabaya (beritajatim.com) - Sikap panik justru akan membuat Rupiah semakin anjlok. Diantaranya, dollar naik semua barang pun ikut dinaikkan oleh pedagangnya meski bukan barang import pun semuanya mahal. Para pencari keuntungan dari jual beli dollar AS pun ikut-ikutan memborong Dollar dengan harapan ketika rupiah melemah, mereka akan dapat keuntungan.

"Bahkan kini tukang sayur pun mulai ikut menaikkan harga sayurnya dengan alasan dollar naik. Padahal semua bahan hingga pupuk untuk bercocok tanam bukan produk import," ujar Budi Isman, CEO dan juga pemilik PT Mikro Investindo Utama yang juga mantan CEO Danone dan Sari Husada itu dalam acara Asosiasi Manajemen (AMA) Indonesia - Surabaya, Senin (17/9/2018) malam.

Dikatakan, ketika rupiah melemah memang akan membuat cadangan devisa negara akan bermasalah. Namun cadangan devisa negara ini masih cukup kuat dibandingkan cadangan devisa tahun 1998 saat rupiah juga anjlok.

"Indonesia ekonomi riil melalui UMKM-nya masih tumbuh dan inflasi masih terjaga. Dibandingkan negara Eropa sulit untuk tumbuh bahkan hampir merosot seperti Argentina dan kini Turki pun tak jelas nasibnya," beber mantan CEO Coca cola Amatil Indonesia itu.

Budi meminta peranan masyarakat untuk tidak ikut gagap dalam menyikapi melemahnya rupiah. Dan untuk perusahaan yang sudah merasakan dampak import seperti harga yang lebih tinggi seharusnya mendorong untuk melakukan evaluasi dan solusi jangka pendek yang berimbang. [rea/suf]

Tag : rupiah

Berita Terkait

Komentar

Kanal Ekonomi