EPES UI: AC Inverter LG Hemat Listrik hingga 62 Persen

Kamis, 13 September 2018 21:48:14
Reporter : Renni Susilawati
EPES UI: AC Inverter LG Hemat Listrik hingga 62 Persen

Surabaya (beritajatim.com) - Air Conditioning (AC) salah satu produk elektronik yang paling banyak menyedot pemakaian listrik. Sehingga perlu edukasi dan perlu menyakinkan konsumen dengan berbagai riset.

Seolah menyadari konsumen yang kian jeli dalam memilih produk AC yang benar-benar hemat listrik, PT LG Electronics Indonesia sengaja menggandeng lembaga sertifikat Electrical Power And Energy Studies University of Indonesia (EPES-Ul). Tujuannya untuk menguji hingga berapa persen produk AC Inverter LG mampu menghemat listrik.

Hasilnya ternyata cukup mengejutkan ternyata AC Inverter kategori Single Commerce Air Conditioning (SCAC) milik LG hemat listrik hingga 62 persen.

Menurut ketua EPES UI,  Prof. Dr. Ir. lwa Garniwa yang sudah melakukan berbagai  pengujian mendapatkan hasil Single Commercial Air Conditioning LG dengan kompresor inverter mampu menekan penggunaan listrik secara signifikan dibanding produk sejenis tanpa teknologi inverter.

"Bahkan produk Single Commercial AC LG tipe floor standing memiliki tingkat penghematan Iistrik hingga 62% sedangkan tipe ceiling cassette penghematan listriknya hingga 50%," beber Iwa.

Iwa menambahkan memang saatnya masyarakat lebih pintar memilih produk sebab saat ini sumber daya alam semakin menipis. Listrik yang menjadi sumber energi utama pun harus dihemat sebab listrik dihasilkan dari pembakaran batubara. Sedangkan batubara sendiri sumber daya alam yang tak bisa diperbaharui.

"Efek lain yang tak kalah pentingnya adalah menjaga agar efek negatif rumah kaca tidak terlalu besar. Dengan cerdas memilih produk rumah tangga sejak awal, mampu membantu kehidupan generasi selanjutnya," kata Iwa.

Hal yang sama juga diamini oleh Jack Kim, Air Conditioning Business Leader LG Electronics Indonesia yang menerima sertifikat hemat dari EPES UI mengaku jika sertifikat yang mereka dapatkan adalah bagian upaya LG dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap teknologi inverter pada AC.

"Apalagi UI salah satu universitas terbaik di Indonesia sehingga informasi yang dikeluarkan lebih dapat dipercaya dan dipertanggung-jawabkan," jelas Kim.

Adanya pengakuan baru dari EPES UI ini diharapkan Kim mampu menaikkan kepercayaan masyarakat terhadap produk LG terutama AC.

"Dari penjualan AC kami sudah memiliki market share yang cukup besar yakni hingga 58,8 persen. Dan dengan adanya pengakuan ini bisa naik lagi 15 persen hingga 30 persen," tandas Kim. [rea/but]

Tag : bisnis

Berita Terkait

Komentar

Kanal Ekonomi