Ini Kata Nabila Mondir tentang Masa Depan Dunia Pariwisata Madura

Rabu, 12 September 2018 18:59:23
Reporter : Ainur Rohim
Ini Kata Nabila Mondir tentang Masa Depan Dunia Pariwisata Madura
Nabila Mondir, bakal caleg PKB untuk DPR RI dapil Madura.

Bangkalan (beritajatim.com)--Siapa yang tak kenal dengan Pulau Madura? Salah satu wilayah yang jadi bagian Provinsi Jawa Timur ini memiliki nilai kearifan lokal cukup kuat dan berbagai potensi alam yang layak dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata di masa depan.

Banyak destinasi wisata yang tersebar di 4 kabupaten dan wilayah kepulauan Madura. Nabila Mondir, putri asli Bangkalan Madura, yang kini maju sebagai bakal calon legislatif DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Madura dari PKB, mengatakan, banyak hal yang membuat alasan orang jatuh cinta kepada Madura, terutama atas berbagai potensi wisata di daerah ini.

"Saat ini banyak sekali wisata yang mulai berkembang di wilayah Madura hingga di kepulauan yang masih masuk Madura, seperti Bukit Jaddih, Pulau Gili Labak, Pulau Mandangin, Pantai Lombang, dan lokasi lainnya," katanya kepada beritajatim.com, Rabu (12/9/2018).

Nabila yang kini sedang menempuh pendidikan program Magister (S-2) Ilmu Politik FISIP Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini menjelaskan bahwa berbagai potensi wisata di Madura tentunya diekspektasikan mampu mempercepat proses pembangunan di Madura, terutama dalam perspektif akselerasi sosial ekonomi warga Madura.

"Saya yakin, jika potensi wisata mampu dimaksimalkan, akan banyak wisatawan yang berkunjung di Madura. Dengan begitu, bisa mendorong dan meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat di Madura, khususnya di wilayah sekitar area wisata," tambahnya.

Nabila juga berpandangan, "Potensi wista mampu menyokong pembangunan di Madura. Jika potensi wisata berkembang, jumlah wisatawan, baik mancanegara maupun domestik, bakal meningkat. Otomatis banyak investor tertarik masuk Madura sehingga mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi daerah ini."

Ketua komunitas sosial kepemudaan Garda Sosial Peduli (GPSP) ini, mengungkapkan, menghidupkan dan membangun dunia pariwisata di Madura perlu perhatian dan dukungan lebih kuat dari pemerintah, baik pusat maupun daerah. Satu di antara bentuk dukungan itu adalah perbaikan dan peningkatan infrastruktur penunjang di daerah wisata. Contohnya, infrastruktur jalan.

"Itu jadi syarat mutlak," ingat Nabila. Nabila, anak mantan Wakil Bupati Bangkalan, Ra Mondir, menyatakan, dalam melakukan perjalanan wisata, wisatawan tentunya memperhitungkan kemudahan akses untuk menuju tempat wisata. Sehingga kemudahan akses dan infrastruktur penunjang lain akan mendukung perkembangan potensi wisata Madura. "Tanpa itu tak mungkin wisatawan mau datang," tukasnya. [air]

Tag : pariwisata

Berita Terkait

Komentar

Kanal Ekonomi