BPR Bojonegoro Beri Kemudahan Pinjaman Bagi Pelaku UMKM

Rabu, 12 September 2018 13:16:47
Reporter : Tulus Adarrma
BPR Bojonegoro Beri Kemudahan Pinjaman Bagi Pelaku UMKM

Bojonegoro (beritajatim.com) - Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Daerah Kabupaten Bojonegoro menyediakan kemudahan pinjaman modal bagi pelaku industri kreatif.
Salah satu program baru yang diluncurkan adalah kredit multiguna.

Kredit multiguna ini, menurut PD BPR Bank Daerah Bojonegoro, Sutarmini, menawarkan berbagai keuntungan seperti suku bunga kompetitif, proses pencairan cepat dan jangka waktu pinjaman fleksibel maksimal 10 tahun. "Untuk suku bunga perbulanya 0,75 persen," ujarnya, Rabu (12/9/2018).

Program ini, kata dia, juga mendukung bagi masyarakat yang mempunyai keinginan menunaikan Ibadah Haji. Dengan pembiayaan maksimal Rp25 juta serta angsuran cukup terjangkau, sehingga program multiguna akan meringankan upaya masyarakat untuk beribadah.

"Jangka waktu pembiayaan multiguna ibadah satu sampai lima tahun. Untuk masyarakat yang berniat ibadah haji segera daftar, cuma Rp579 ribu per bulan dalam jangka lima tahun sudah memperoleh Rp25 juta. Apalagi masa tunggu keberangkatan haji di Bojonegoro hingga tahun 2032, ini sangat membantu," ujarnya.

Sutarmini menerangkan, syarat agunan kredit multiguna sendiri cukup mudah, di antaranya dengan jaminan sertifikat hak milik atau hak guna bangunan, bukti kepemilikan kendaraan roda empat maupun roda dua dan tabungan atau deposito di Bank Daerah Bojonegoro.

"Proses cepat, dua sampai lima hari kerja sejak permohonan diterima lengkap. Suku bungan flat sampai jangka waktu yang ditetapkan atau tidak ada perubahan suku bunga. Apabila melakukan pelunasan awal tidak harus membayar seluruh bunga sampai dengan akhir periode, cukup sisa pinjaman pokok ditambah satu kali bunga bulan berikutnya," terangnya.

Hingga kini, lebih dari 5.000 pelaku UMKM berbagai produk telah mendapat pembiayaan dari Bank Daerah Bojonegoro. Selain kredit multiguna ada pelayanan yang juga sesuai kebutuhan masyarakat antara lain kredit perdagangan dan jasa, pertanian atau peternakan, kredit konstruksi dan kredit untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa).

Selain itu, khusus pelaku usaha super mikro, pihaknya penyiapakan produk kredit pemberdayaan dengan platfom sampai dengan Rp5 juta, dengan pembiayaan super sampai dengan Rp10 juta yang bekerja sama dengan Basnas Kabupaten Bojonegoro.

"Untuk funding 2018 telah berhasil menghimpun dana Rp63 miliar dalam bentuk tabungan sebanyak 68.781 rekening. Dengan besaran dana yang tersimpan tersebut membuktikan tingkat kepercayaan tinggi dari masyarakat ke Bank Daerah Bojonegoro," tutupnya.

Bank yang berdiri sejak 1973 sebagai badan kredit pasar dan pada tahun 1995 berubah menjadi BPR Bank Daerah Bojonegoro ini merekrut 94 pegawai. Saham 100 persen milik Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, hingga saat ini telah mempunyai permodalan yang kuat dangan rasio car mencapai 128,48 persen. Saat ini memiliki satu kantor pusat, tiga kantor cabang, lima kantor kas dan empat payment point. [lus/ted]

Tag : umkm bojonegoro

Berita Terkait

Komentar

Kanal Ekonomi