Harga Barang Elektronik di Ponorogo Naik

Senin, 10 September 2018 20:47:27
Reporter : D. Istimora
Harga Barang Elektronik di Ponorogo Naik
Foto ilustrasi

Ponorogo (beritajatim.com) - Harga sejumlah barang elektronik di Ponorogo terus bergerak naik seiring dengan lemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika beberapa waktu terakhir. Meski tidak signifikan, namun kenaikan terus berlanjut.

Samuel, pemilik salah satu toko elektronik menyatakan, barang yang harganya naik adalah barang yang komponennya sebagian besar atau komponen vitalnya harus diimpor.

“Beberapa minggu ini tingkat kenaikan harga sebenarnya tidak banyak. Tapi naik terus, naik terus,” ungkap Samuel, Senin (10/9/2018).

Disebutkannya, barang yang mengalami kenaikan tersebut antara lain adalah mesin cuci dan lemari es serta AC. Dalam dua bulan terakhir kenaikan harga sudah mencapai 5 persen.

“Selama Agustus, naiknya baru 2 persen. Tapi masuk September sudah sampai 5 persen, maksudnya tambah 3 persen dari Agustus begitu,” ujarnya.

Menanggapi rencana pemerintah menaikkan pajak impor, Samuel menyatakan kemungkinan pengaruhnya tidak akan dirasakan langsung di kota kecil seperti Ponorogo. Apalagi stok barang-barang elektronik di Ponorogo saat ini masih cukup banyak.

“Kita gak khawatir juga lah karena sudah banyak yang diproduksi di dalam negeri dengan komponen lokal,” ujarnya.

Kenaikan sejumlah barang elektronik sepertinya tidak mempengaruhi permintaan oleh konsumen. Permintaan saat ini masih stabil. Bedanya, konsumen beralih dari kualitas atas ke kualitas menengah. [dil/but]

Tag : ekonomi

Berita Terkait

Komentar

Kanal Ekonomi