Karena Siwab Ponorogo Bakal Jadi Sentra Sapi

Selasa, 04 September 2018 17:24:20
Reporter : D. Istimora
Karena Siwab Ponorogo Bakal Jadi Sentra Sapi

Ponorogo (beritajatim.com) – Jumlah populasi sapi di Ponorogo dipastikan bertambah signifikan selama 2018 dan 2019 mendatang. Program Upsus Siwab atau Upaya Khusus Sapi induk Wajib Bunting (Upsus Siwab) mulai memperlihatkan hasilnya dengan jumlah kelahiran sapi yang cukup tinggi.

Kasi Bina Produksi dan Perbibitan, Bidang Peternakan, Distan Ponorogo Puguh Santoso, Selasa (4/9/2018) mengatakan angka kelahiran sapi di Ponorogo selama 2018 ini diperkirakan akan sesuai dengan target yang dipatok pemerintah pusat. Jumlanya adalah 23.490 ekor anak sapi.

“Sejak April hingga September 2017 program ini jalan dan sejak Januari sudah ada sapi yang beranak. Jumlah kelahiran bayi sapi telah mencapai 11.650 dan masih cukup banyak sapi betina yang bunting. Karenanya kami yakin angka target 23 ribu kelahiran sapi akan terpenuhi,” ungkap Puguh.

Bila angka ini tercapai, maka akan terjadi peningkatan populasi sapi yang cukup signifikan. Sebab pada 2016 dan tahun-tahun sebelumnya, kelahiran sapi rata-rata mencapai 20 ribuan ekor tiap tahunnya.

“Kalau sudah begitu, maka populasi yang meningkat. Itu artinya kita akan lebih banyak sapi yang bisa dikirim ke luar daerah. Biasanya dari Jawa Barat yang sering mengambil dari kita,” ujar Puguh.

Populasi sapi yang ada selama memang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging sapi warga POnorogo sendiri. Dengan peningkatan yang diperkirakan terjadi sepanjang tahun ini dan tahun depan, maka Ponorogo bakal menjadi salah satu sentra sapi untuk dibeli oleh pedagang dari daerah lain.

Upsus Siwab yang berlanjut di 2018 ini bukan hanya dimaksudkan untuk meningkatkan populasi sapi. Lebih dari itu, program ini diharapkan menjadi dorongan bagi peternak sapi di Ponorogo agar termotivasi untuk memelihara ternak secara lebih baik.

Pada Upsus Siwab ini, Ponorogo mendapatkan 30 ribu strow atau benih sapi untuk IB di 2017 dan 29 ribu strow di 2018. Namun targetnya tetap, yaitu setahun terdapat kelahiran anak sapi sebanyak 23.490 ekor. [dil/but]

Tag : peternakan

Berita Terkait

Komentar

Kanal Ekonomi