AIP-Rural Naungi 4 Elemen Tingkatkan Sektor Pertanian di Indonesia

Rabu, 18 Juli 2018 12:32:36
Reporter : Samsul Arifin
AIP-Rural Naungi 4 Elemen Tingkatkan Sektor Pertanian di Indonesia

Pamekasan (beritajatim.com) - Australia-Indonesia Partnership for Rules Economic Development (AIP-Rural) menaungi empat sektor berbeda demi menawarkan solusi berimbang bagi masyarakat, khususnya para petani maupun pengusaha yang bergerak dalam bidang pertanian.

Keempat sektor tersebut masing-masing Prisma (Promoting Rural Income Through Support for Markets In Agriculture), Safira (Strengthening Agricultural Finance in Rural Areas), Tirta (Tertiary Irrigation Technical Assistance) hingga Arisa (Appliet Research and Innovation Systems in Agriculture).

Keempat sektor tersebut merupakan lembaga atau institusi yang berada di bawah payung AIP-Rural yang terjalin sejak 2013 lalu.

"Rantai nilai Prisma ini membantu memacu nilai rantai dengan mengurangi hambatan dan rintangan terhadap produktivitas kinerja dan akses pasar petani. Kalau Safira memperkuat pembiayaan rantai nilai pertanian untuk memperluas akses pembiayaan formal bagi petani," kata Head of Portofolio III Prisma Mohasin Kabir di Meeting Room Hotel Front One Jl Jokotole Pamekasan, Selasa (17/7/2018).

"Tirta merupakan sektor yang meningkatkan akses irigasi bagi petani miskin dengan mendorong investasi bidang pengelolaan air oleh kelompok pengguna dan sektor swasta. Sementara Arisa mendorong kerjasama indutri dengan badan penelitian dan pengembangan untuk menerapkan teknologi baru, guna meningkatkan daya saing petani," ungkapnya.

Tidak hanya itu, AIP-Rural juga sudah bekerja di lima provinsi di kawasan Indonesia timur. Mulai dari kawasan Jawa Timur, NTB, NTT, Papua Barat dan Papua.
"Kerjasama ini memiliki tujuan yang memberikan dampak positif bagi masyakat, khususnya dalam peningkatan sektor pertanian. Jadi AIR-Rular ini bertujuan meraih peningkatan pendapatan bagi 300 ribu rumah tangga pertanian," jelasnya.

"Selain itu, kami juga memiliki fokus pada peningkatan daya saing dan akses petani kepada pasar, input, keuangan dan teknologi. Jadi AIP-Rular menawarkan win-win solution dalam bidang pertanian yang memberikan kesempatan kepada para investor untuk mendukung petani," sambung pria asal Banglades.

Tidak hanya itu, jalinan kemitraan dengan berbagai instansi yang bergerak di berbagai bidang juga dilakukan demi merealisasikan tujuan yang dicanangkan. "Dalam hal ini kami bermitra dengan aktor-aktor kunci pasar demi meningkatkan peran dan kapasitas aktor pasar untuk memperbaiki kualitas input, fasilitas dan pelayanan di sektor pertanian. Jadi dalam aspek kemitraan ini, pendekatan win-win solution yang berkelanjutan semua elemen," pungkasnya. [pin/ted]

Tag : pertanian

Berita Terkait

Komentar

Kanal Ekonomi