Ramadhan, Pertamina Tambah Pasokan Gas Bersubsidi

Rabu, 16 Mei 2018 22:18:40
Reporter : Renni Susilawati
Ramadhan, Pertamina Tambah Pasokan Gas Bersubsidi


Surabaya (beritajatim.com) - R
amadhan identik dengan banyaknya jajanan pasar dan kuliner yang bermunculan. Sebagian besar  diproduksi oleh skala rumah tangga, hal itu membuat kebutuhan gas elpiji bersubsidi pun jadi naik.

PT Pertamina Marketing Operation Regional V (MOR V) menyiapkan pasokan elpiji lebih banyak dari sebelumnya.  Di prediksi rata-rata konsumsi bulanan LPG PSO (bersubsidi 3 kg) di wilayah Jawa Timur yaitu sebesar 94.679 Metric Ton (MT) / Bulan. Pada saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Pertamina memprediksi adanya peningkatan konsumsi LPG 3 Kg sebesar 7% dari konsumsi normal bulanan atau meningkat menjadi 101.307 MT.

"Konsumsi LPG Non Subsidi (Bright Gas 5.5 kg, Bright Gas 12 Kg, dan LPG 12 kg) di Jawa Timur juga diprediksi mengalami peningkatan selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri sebesar 9% (5.006 Metric Ton/bulan) dibandingkan dengan konsumsi normal bulanan yaitu sebesar 4.593 MT," ungkap GM Pertamina MOR V,  Ibnu Chouldum.

Tak hanya gas elpiji saja yang naik,  arus mudik juga akan membuat kebutuhan BBM pesawat, Avtur, naik hingga 9 persen. Jika konsumsi rata-rata normal harian untuk Jawa Timur sebesar 1196 KL maka di jelang lebaran akan naik jadi 1315 KL.

"Kenaikan konsumsi tertinggi diprediksi pada H-5 dan H+3 saat puncak arus mudik dan arus balik Idul Fitri," tandasnya.[rea/ted]

Tag : pertamina

Berita Terkait

Komentar

Kanal Ekonomi