Triwulan I, Pendapatan Pelabuhan Gresik Rp 41,8 Miliar

Minggu, 15 April 2018 20:39:04
Reporter : Renni Susilawati
Triwulan I, Pendapatan Pelabuhan Gresik Rp 41,8 Miliar

Surabaya (beritajatim.com)--Pelabuhan Gresik yang dikelola PT Pelindo III berhasil meningkatkan target arus barang hingga 105 persen pada triwulan pertama tahun ini. Kenaikan ini dipengaruhi karena bongkar batubara dan memuat pupuk.

General Manager Pelindo III Gresik, Yanto, mencatat arus bongkar muat barang mencapai 1,36 juta ton. Capaian itu juga melampaui arus barang pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 1,26 juta ton atau tercatat peningkatan year on year sebesar 107 persen.

"Peningkatan arus barang merupakan kontribusi dari peningkatan bongkar batubara dan muat pupuk dalam kemasan bag. Realisasi pendapatan usaha Pelindo III di Pelabuhan Gresik pada triwulan I mencapai target yang ditetapkan yakni sebesar Rp 41,8 miliar," kata Yanto, Minggu (15/4/2018).

Peningkatan arus barang di Pelabuhan Gresik berkontribusi pada capaian target pendapatan sebesar 111%. Selain itu, pendapatan dari pengusahaan properti tercapai 140% dari target dan pendapatan rupa-rupa usaha juga tercapai 138% dari target.

Yanto memaparkan, capaian target kinerja triwulan I juga dikontribusikan dari penyelesaian piutang sewa lahan dengan beberapa perusahaan besar. Selain itu, Pelindo III terus melakukan penataan agar Pelabuhan Gresik semakin produktif.

"Salah satunya dengan menata lapangan penumpukan di area dermaga Talud Tegak," ujarnya.

Pelindo III menyiapkan dana hingga Rp 115 miliar lebih untuk berinvestasi di Pelabuhan Gresik. "Dana investasi sebesar Rp 35 miliar akan dikucurkan tahun ini untuk berbagai proyek pengembangan multiyears," tandasnya.[rea/air]

Tag : pelindo III

Berita Terkait

Komentar

Kanal Ekonomi