Mengintip Perawatan Mobil Berteknologi Turbo

Sabtu, 14 April 2018 00:32:23
Reporter : Renni Susilawati
Mengintip Perawatan Mobil Berteknologi Turbo

Surabaya (beritajatim.com) - Para pecinta otomotif maupun mereka yang selalu gonta-ganti mobil keluaran terbaru, pasti punya minat besar untuk memiliki mobil berteknologi VTEC Turbo. Mobil dengan tenaga besar namun menggunakan bahan bakar yang hemat ini memang sedang nge-trend diberbagai negara tak terkecuali konsumen di Indonesia.

Honda salah satu produsen mobil yang memiliki varian mobil VTEC Turbo cukup lengkap. Sedikitnya ada 4 varian mobil yang memiliki teknologi ini, antara lain adalah  Civic Sedan, Civic Hatchback, Civic type R dan CRV.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk membeli ada baiknya memperhatikan perawatan sederhana berikut agar mesin VTEC Turbo di mobil Anda bisa maksimal kerjanya.

Menurut Marketing and After Sales Service Manager Honda Surabaya Center (HSC), William Saputra, sebenarnya merawat mobil VTEC Turbo ini cukup simple namun karena teknologi masih tergolong baru banyak pengguna yang belum terlalu paham cara perawatannya.

Simak point pentingnya ya;

1. Pemilik mobil harus rajin mengamati oil life indicator yang ada di dalam mobil. Jika indikator oli sudah menyala, maka sudah saatnya oli mesin diganti. Jika mobil teknologi non Turbo masih bisa mentoleransi penggantian oli hingga belasan hari kedepan, maka sebaiknya jangan lakukan pada mobil berteknologi VTEC Turbo Anda.

"Ya minimal saat indikator sudah menyala, paling lama sepekan kedepan. Sebab jika oli tidak segera diganti maka kinerja Turbo di mesin akan berjalan kurang maksimal. Efeknya mesin menjadi kurang bertenaga," beber William.

2. Saat ganti oli, maka filter oli mesin dan engine cleaner atau penetral panas mesin harus diganti juga. Sebab engine cleaner inilah yang akan membantu kerja mesin VTEC turbo tak terlalu berat saat digunakan. Saat engine cleaner ini jarang diganti, maka sistem kerja mesin bakal terganggu dan umur mobil lebih singkat.

“Tetapi penggantian oli serta filter dan engine cleaner ini, tidak harus tiap bulan hanya saat mencapai kecepatan 5000 km atau umur mobil tiga bulan," katanya.

3. Jangan salah menggunakan jenis oli. Jenis oli mesin yang dipakai pada VTEC turbo yang dipakai adalah 0w-20 HAO gold. Bukan jenis 10w-30 HAO green dan 5w-30 HAO blue, yang biasanya digunakan untuk jenis mobil mesin biasa. Jenis oli 0w-20 HAO gold ini digunakan untuk memudahkan mesin bekerja lebih cepat karena olinya lebih encer dari jenis oli yang lain.

4. Langkah terakhir, jangan sungkan bertanya lebih detail kepada montir di bengkel khusus mobil Turbo Anda sehingga Anda tetap bisa merawat mobil Turbo Anda dengan baik dan tetap memiliki kecepatan yang maksimal.[rea/kun]

Tag : mobil

Berita Terkait

Kanal Ekonomi