450 Ton/Hari Telur Ayam Blitar Dikirim ke Luar Kota

Sabtu, 17 Maret 2018 20:55:56
Reporter : Ainur Rohim
450 Ton/Hari Telur Ayam Blitar Dikirim ke Luar Kota

Blitar (beritajatim.com)--Kabupaten Blitar, Jatim terkenal sentra peternakan ayam dan telur. Setiap hari tak kurang 450 ton telur ayam dikirim sejumlah peternak di daerah ini ke luar kota.

"Ternak ayam, bebek, dan telur ayam salah satu produk unggulan Kabupaten Blitar," kata Bupati M Riyanto kepada beritajatim.com, Jumat (16/3/2018) di Desa Kebung Agung, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar.

Orang pertama di Pemkab Blitar itu mengutarakan, ternak ayam dan produksi telur adalah kegiatan ekonomi penting di Blitar. Kegiatan ekonomi melibatkan ribuan pekerja, dengan tingkat produksi ayam potong dan telur terbesar kedua di Indonesia.

"Setiap hari jumlah produksi telur sebanyak 450 ton dikirim peternak Blitar ke daerah lainnya di Indonesia," jelas Riyanto.

Penjelasan Bupati Riyanto diperkuat Wakil Bupati Blitar, Marhaenis W. Dia mengatakan, peternakan ayam potong dan telur memberikan dorongan kenaikan produk domestik bruto Blitar cukup tinggi.

"Bahkan, ada peternak ayam di Blitar diundang ke Amerika Serikat untuk memaparkan pengalamannya. Yang mengundang satu perusahaan makanan cepat saji berskala internasional," ungkap Wabup Marhaenis.

Bupati Riyanto mengutarakan, sebagian besar sentra peternakan ayam petelur berada di kawasan Selatan dan Barat Blitar, seperti di Kecamatan Bakung, Lodoyo, dan Kademangan. Bisnis ayam petelur dan potong itu mulai menggeliat di kawasan Blitar Selatan setelah ditemukan sumber air bawah tanah dengan debit cukup besar. "Ya sekitar 20 liter per detik. Sebab, selama ini kawasan Blitar Selatan sulit air," ujarnya.

Penemuan air dalam jumlah melimpah itu mampu mengubah aktifitas ekonomi bisnis warga Blitar Selatan. Mereka tak sekadar mengandalkan pertanian tadah hujan, tapi sekaligus peternakan ayam potong dan ayam petelur, yang produksinya sebagian besar dipasarkan ke luar daerah. "Ayam potong dan telur Blitar mampu memenuhi sebagian besar kebutuhan nasional," jelasnya. [air]

Tag : telur

Berita Terkait

Komentar

Kanal Ekonomi