Harga Kebutuhan Dapur Naik, Pembeli Mengeluh

Rabu, 14 Maret 2018 21:48:36
Reporter : M. Ismail
Harga Kebutuhan Dapur Naik, Pembeli Mengeluh

Sidoarjo (beritajatim.com) - Cuaca yang tidak menentu mengakibatkan bahan kebutuhan dapur merangkak naik. Mulai harga cabai hingga bawang putih dan bawang merah terpantau meroket.

Seperti di Pasar Krian, kenaikan harga cabai dan bawang sudah terjadi sejak satu bulan terakhir. Bahkan, lonjakan harga kebutuhan dapur itu sangat fluktuatif dan belum ada tanda-tanda normal seperti biasanya.

Data yang terhimpun beritajatim.com, harga cabai rawit yang semula Rp 20 ribu/kg kini menjadi Rp 60 ribu/kg. Cabai merah sebelumnya Rp 38 ribu/kg kini menjadi Rp 40 ribu/kg. Sedangkan harga bawang putih biasanya Rp 12 ribu/kg kini naik menjadi Rp 28 ribu/kg.

Sementara harga bawang merah yang semula Rp 16 ribu/kg, kini naik menjadi Rp 24 ribu/kg. Kemudian harga tomat yang semula Rp 4 ribu/kg, kini naik Rp 8 ribu/kg.

"Naiknya harga kebutuhan dapur ini sudah agak lama. Mungkin karena cuaca tak menentu ini," kata Siti Maysaroh, pedagang bumbu dapur, Rabu (14/3/2018).

Sementara itu, Romlah pedagang lainnya mengatakan, meski harga kebutuhan dapur naik, permintaan pembeli terus meningkat. Setiap hari juga banyak pembeli datang, tapi juga kadang mengeluh karena kenaikan tersebut.

"Saya kasihan para pembeli sering mengeluh saat belanja. Tapi mau gimana lagi, harga 'kulakan' juga naik," imbuhnya sembari berharap ada solusi nyata dari pemerintah agar harga kebutuhan kembali normal. [isa/suf]

Tag : sembako

Berita Terkait

Komentar

Kanal Ekonomi