Persiapan Penerbangan ke Pagerungan, Cek Kondisi Bandara

Selasa, 13 Maret 2018 14:21:58
Reporter : Temmy P.
Persiapan Penerbangan ke Pagerungan, Cek Kondisi Bandara

Sumenep (beritajatim.com) - Sejumlah pihak terkait segera melakukan pengecekan ke Bandara Pagerungan, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, untuk melihat kondisi bandara.

"Sebelum penerbangan perintis dengan rute Bandara Trunojoyo - Pagerungan direalisasikan, maka perlu di cek terlebih dahulu kondisi bandaranya. Seperti apa 'runway' nya, 'airnav' nya, ada terminal penumpangnya apa tidak," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumenep, Sustono, Selasa (13/03/2018).

Pengecekan kondisi Bandara Pagerungan tersebut akan dilakukan pada Kamis (15/03/2018), oleh pihak terkait yakni Kepala Bandara Trunojoyo sebagai kepanjangan tangan Kementerian Perhubungan, SKK migas dan Kangean Energy Indonesia sebagai pengelola Bandara Pagerungan, dan Bupati Sumenep didampingi Kepala Dinas Perhubungan.

"Setelah pengecekan itu, baru akan diketahui bagaimana kondisi bandara. Ini akan menentukan langkah berikutnya, yakni perubahan status Bandara Pagerungan dari bandara khusus menjadi bandara umum," ujar Sustono.

Bandara Pagerungan di Pulau Pagerungan, Kecamatan Sapeken, Sumenep merupakan bandara yang dikelola salah satu kontraktor kontrak kerja sama (K3S) migas, yakni Kangean Energy Indonesia (KEI). Selama ini, bandara tersebut dipergunakan hanya untuk kepentingan dan kelancaran operasional perusahaannya.

SKK Migas dan KEI sudah menyetujui permohonan pemerintah daerah untuk menjadikan Bandara Pagerungan sebagai bandara umum. Tapi perubahan status bandara itu menunggu penetapan pihak terkait di Kementerian Perhubungan. Semoga setelah cek kondisi bandara, sertifikat perubahan status bandara bisa turun," paparnya.

Bandara Trunojoyo Sumenep sejak 2015 menjadi bagian dari jalur penerbangan pesawat perintis atau jalur bersubsidi yang merupakan program Kemenhub. Salah satu rute penerbangan perintis tersebut Sumenep - Surabaya dan sebaliknya.

Namun karena sejak September 2017 di Bandara Trunojoyo telah dibuka penerbangan komersil dengan rute Sumenep - Surabaya dan sebaliknya, maka rute penerbangan perintis yang sama dengan penerbangan komersil harus dirubah. Pilihannya jatuh pada Sumenep - Pagerungan.

Rute penerbangan perintis Sumenep -Pagerungan dan sebaliknya, telah disetujui Kementerian Perhubungan dan menjadi bagian dari program rute pesawat perintis 2018.

"Kami berharap akhir bulan ini perubahan status Bandara Pagerungan dari Bandara khusus menjadi bandara umum bisa tuntas, sehingga pada bulan April, penerbangan dari Bandara Trunojoyo - Pagerungan bisa direalisasikan," pungkas Sustono. [tem/but]

Tag : penerbangan, bandara

Berita Terkait

Kanal Ekonomi