JIIPE Gresik Fokus Kembangkan Lahan

Jum'at, 09 Maret 2018 22:49:26
Reporter : Deni Ali Setiono
JIIPE Gresik Fokus Kembangkan Lahan

Gresik (beritajatim.com)- Kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) dibawah bendera PT AKR Corporindo Tbk terus mengembangkan lahannya. Langkah ini diambil karena kawasan industri terintegrasi itu sudah banyak perusahaan yang beroperasi.

"Sudah ada sembilan industri yang siap menjadi tenant dan menempati di kawasan JIIPE Manyar, Gresik, Jawa Timur," ujar Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk, Haryanto Adikoesoemo, kepada wartawan, Jumat (9/3/2018).

Masih menurut Haryanto, dari semua perusahaan tersebut, dua industri sudah beroperasi, empat industri masih dalam tahap pengerjaan dan tiga industri tengah persiapan pengerjaan.

"Karena perusahaannya bertambah, JIIPE yang semula memiliki lahan seluas sekitar 1.800 hektar. Dari keseluruhan itu, sekitar 1.200 hektar sudah dibebaskan, 800 hektar diantaranya masuk pada tahap pertama yang siap dipasarkan," paparnya.

Ia menambahkan, ada beberapa industri yang masuk ke JIIPE dan telah beroperasi. Diantaranya, dua industri yaitu pabrik kimia PT Clariant Indonesia, dan pabrik garam PT Unicahem Candi Indonesia. Selanjutnya, empat perusahaan lagi yang dalam proses pembangunan adalah perusahaan pupuk PT Hextar Fertilizer Indonesia, perusahaan beton dan kontruksi PT Adhimix Precast Indonesia, PT Nippon Indosari Corporindo Tbk atau Sari Roti, dan PT CML.

"Kawasan terintegrasi kami juga dilengkapi area lainnya seperti area residensial seluas 800 hektar dan area pelabuhan seluas 400 hektar. Dengan total area 2,961 hektar, JIIPE menjadi kawasan industri terbesar di Jawa Timur," tambahnya.

Sementara, Direktur Teknik dan Teknologi Informasi Pelindo III (persero) Husein Latief menjelaskan, pelabuhan laut dalam di JIIPE akan dilengkapi dengan empat dermaga yang mampu mendukung semua aktivitas di pelabuhan dan industri.

"Tahun lalu, Pelabuhan JIIPE telah melayani 500 ribu ton dari 25 kapal dalam kargo curah kering dan kargo umum," pungkasnya. [dny/suf]

Tag : jiipe

Berita Terkait

Komentar

Kanal Ekonomi