Dirut PT Garam Divonis 10 Bulan Penjara

Kamis, 07 Desember 2017 19:15:51
Reporter : Deni Ali Setiono
Dirut PT Garam Divonis 10 Bulan Penjara

Gresik (beritajatim.com) - Dirut PT Garam, Achmad Budiono langsung menyatakan banding saat Majelis hakim yang diketuai Putu Mahendra, SH menjatuhkan vonis 10 bulan penjara, dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Gresik, Kamis (7/12/2017).

Meskipun ada potongan 14 bulan penjara yang diberikan majelis hakim dari tuntutan jaksa 2 tahun penjara, Achmad Budionom melalui kuasa hukumnya, Awan Buana, SH dan Agung Prasetyo, SH menyatakan banding,

"Kami menghargai putusan Majelis Hakim, tapi kami sudah konsultasikan dengan terdakwa, dan kami menyatakan banding," ujar Awan Buana di depan persidangan.

Sementara, tim jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik melalui jaksa penuntut umum (JPU) Lila Yurifa Prihasti, SH menyatakan pikir-pikir. "Kami akan laporkan dulu pada pimpinan, untuk kami masih pikir pikir," ungkapnya.

Dalam amar putusannya, Majelis Hakim sependapat dengan pembuktian pasal dengan Jaksa Penuntut Umum, tapi tidak sependapat dengan lamanya pidana yang diberikan.

"Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar  pasal 9 UU nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Menghukum terdakwa dengan hukuman penjara selama 10 bulan," tegas Putu Mahendra, SH saat membacakan putusan.

Diuraikan dalam amar putusan, perbuatan terdakwa telah merugikan masyarakat sebagai pengelola produk garam nasional. Kerugian masyarakat dapat diwakilkan oleh pemerintah maupun institusi lainnya.

Majelis hakim berpendapat bahwa terdakwa mempunyai niat dan tujuan yang baik meskipun melanggar aturan. Sementara untuk hal yang meringankan, terdakwa sopan di persidangan dan tidak pernah dihukum.

Sesuai sidang, terdakwa Achmad Budiono mengaku kecewa dengan vonis ini. Menurutnya, apa yang dilakukan untuk menyelamatkan negara dari krisis garam. "Apa yang saya lakukan tidak ada niat jahat untuk melakukan tindak pidana. Tidak tidak masyarakat yang komplain, apalagi dirugikan," tandasnya. [dny/but]

Tag : garam

Berita Terkait

Kanal Ekonomi