Pelabuhan Gresik Berlakukan Layanan Inaportnet

Selasa, 10 Oktober 2017 20:29:21
Reporter : Deni Ali Setiono
Pelabuhan Gresik Berlakukan Layanan Inaportnet

Gresik (beritajatim.com) - PT Pelindo III (persero) Cabang Pelabuhan Gresik siap memberlakukan pelayanan berbasis teknologi Go-Live Inaportnet terkait dengan layanan kepelabuhanan. Melalui aplikasi tersebut, arus masuk di Pelabuhan Gresik khususnya logistik bisa berjalan dengan baik.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Gresik, Onny Djayus mengatakan, aplikasi Go-live Inaport merupakan portal elektronis yang terbuka dan netral guna memfasilitasi pertukaran data dan informasi layanan kepelabuhanan secara cepat, aman, netral dan mudah yang terintegrasi dengan  instansi pemerintah terkait, badan usaha pelabuhan dan pelaku industri logistik.

"Layanan ini terdari dari integrated billing system. Pelayanan kapal terminal operation system serta aplikasi pelayanan barang dengan tujuan memudahkan pemantauan pelayanan di pelabuhan," ujarnya, Selasa (9/10/2017).

Ia menambahkan,  dengan alat tersebut juga bisa merekam banyak angle di daerah-daerah yang juga bisa didapatkan di pusat. Sistem tersebut juga untuk memudahkan koordinasi mengenai data-data kepada pelanggan bisa lebih baik.

"Selain Pelabuhan Gresik ada beberapa pelabuhan lain yang siap menggunakan aplikasi ini," tambahnya.

Sebelumnya, sejumlah pelabuhan yang menerapkan aplikasi Inaport diantaranya Pelabuhan Utama Makassar, Belawan, Tanjung Perak, Tanjung Priok, dan Bitung. Begitu juga dengan Pelabuhan Banjarmasin, Panjang, dan juga Balikpapan. Kementrian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan hingga akhir tahun ini sebanyak 16 pelabuhan lain bisa menerapkan aplikasi tersebut.
 
Beberapa Sistem pendukung pelaksanaan Inaportnet yakni Sistem Informasi Lalu Lintas dan Angkutan Laut (SIMLALA), Sistem Kapal Online, Aplikasi Sertifikasi Pelaut, Sistem Informasi Kepelabuhanan, dan Sistem yang ada pada Badan Usaha Pelabuhan (BUP). [dny/but]

Tag : pelindo

Berita Terkait

Kanal Ekonomi