Musim Hajatan, Harga Telur Merangkak Naik

Rabu, 13 September 2017 09:38:17
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Musim Hajatan, Harga Telur Merangkak Naik

Ponorogo (beritajatim.com) - Memasuki bulan 'Besar' dalam penaggalan Jawa, banyak warga yang menggelar hajatan. Entah itu selamatan untuk leluhur maupun pernikahan serta khitan untuk anak.

Rupanya, musim hajatan tersebut mempengaruhi harga kebutuhan di Ponorogo. Terutama harga telur ayam, yang di setiap menu selalu ada. Pantauan beritajatim.com di Pasar Songgolangit, harga telur merangkak naik. Memang tak signifikan, tapi cukup berpengaruh bagi kantong warga.

"Ya naiknya awalnya Rp 500. Tapi kemudian naik lagi Rp 200. Dan saat ini mencapai Rp 20.000 per kilogram. Padahal biasanya cuma di angka Rp 18.000," kata Ali, salah satu pedagang di Pasar Legi Songgolangit.

"Memasuki bulan Besar banyak yang mantu. Nanti kalau sudah bulan Suro harga turun kembali, dan naik lagi kalau penutupan karena banyak juga yang punya hajat," kata Ali menambahakan,  Rabu (13/9/2017).

Salah satu warga, Fenti Dian, mengaku tidak kaget dengan fenomena tersebut. Apalagi memasuki bulan hajatan seperti sekarang ini. Namun, untuk menyiasati hal tersebut. Fenti akhirnya mengurangi konsumsi telur untuk kebutuhan sehari-hari.

"Mau gimana lagi. Walaupun tidak hajatan, kan harganya diikutkan naik. Padahal seperti kewajiban harus ada telur di rumah," pungkasnya. [mit/suf]

Tag : telur

Berita Terkait

Kanal Ekonomi