Permintaan Naik, Harga Bawang Merah Melonjak

Senin, 11 September 2017 13:52:10
Reporter : Temmy P.
Permintaan Naik, Harga Bawang Merah Melonjak

Sumenep (beritajatim.com) - Harga bawang merah di pasar tradisional pekan ini mengalami kenaikan harga Rp 2.000 per kg, menjadi Rp 20.000 per kg.

"Naiknya harga bawang merah dimungkinkan karena ada kenaikan permintaan konsumen, sementara stok tetap. Akibatnya hukum pasar belaku. Harga pun mengalami kenaikan," kata Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumenep, Sukaris, Senin (11/09/2017).

Berbeda dengan bawang merah, harga bawang putih pekan ini cenderung stabil, tetap Rp 20 ribu per kg. Demikian juga untuk harga komoditas cabai, baik cabai rawit maupun cabai besar, relatif stabil.

"Untuk cabai merah besar dan cabai merah kecil harganya sama-sama Rp 10 ribu per kg. Tetap tidak ada kenaikan harga, persis seperti pekan lalu," ujarnya.

Sementara harga sejumlah komoditas lain juga relatif stabil. Untuk daging sapi tetap Rp 110 ribu per kg. Daging ayam kampung Rp 80 ribu per kg, dan ayam potong Rp 32 ribu per kg.

"Sedangkan harga telur ayam ras juga stabil Rp 21 ribu per kg, dan telur ayam kampung Rp 38.400 per kg," terangnya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumenep melakukan pemantauan harga sembako di dua pasar tradisional, yakni Pasar Anom Baru sebagai pasar induk, dan Pasar Bangkal sebagai pembanding. (tem/ted)

Tag : harga bawang

Berita Terkait

Kanal Ekonomi