Tas Kulit Lukis Surabaya Bakal Pameran di Rusia

Selasa, 18 April 2017 15:02:24
Reporter : Wahyu Hestiningdiah
Tas Kulit Lukis Surabaya Bakal Pameran di Rusia

Surabaya (beritajatim.com) - Kementerian Perindustrian RI memilih produk industri kecil menengah berbahan kulit lukis untuk mewakili Indonesia di pameran internasional yang akan berlangsung di Kota Moskow, Rusia, pada 30 Agustus hingga 2 September 2017. Pilihan itu guna untuk memperkenalkan produk lokal Indonesia ke kancah internasional.

"Pameran bertajuk 'Collection Premiere Moscow' yang diikuti beberapa negara, dan Indonesia diwakili lima produk andalannya," ujar Manajer Internasional Exhebition Kementerian Perindustrian RI, Ellis Mashitoh, di sela kunjungannya ke Galeri Huraira Leather Bag (HLB) di Surabaya, Selasa (18/4/2017).

HLB menjadi satu di antara lima pelaku usaha lokal Indonesia yang produknya dipamerkan di Rusia mendatang. Ini bahkan satu-satunya industri kecil menengah mewakili Provinsi Jawa Timur.
 
"Banyak pertimbangan mengapa HLB dipilih, salah satunya karena sudah terpercaya di berbagai even pameran di beberapa tempat, baik dalam maupun luar negeri," ucapnya.

Produk yang dihasilkan dinilainya unik karena selain berbahan kulit, juga dibuat dari lukisan bercerita dari seorang seniman ternama, seperti Agung Affandi yang merupakan putra maestro pelukis Affandi.

Tahun lalu, empat label yang dibawa Indonesia ke Moskow, yaitu Itang Yunasz Ready to Wear, Alleira Batik, Ardistia New York, dan Warnatasku usai terpilih dari beberapa proses seleksi.

Sementara itu, pemilik HLB, Siti Hurairah mengaku bangga dengan terpilihnya produk yang dihasilkannya sebagai satu dari lima wakil Indonesia di ajang pameran internasional. "Syukurlah produk di sini telah diakui kualitasnya dan berharap pada ajang pameran di Rusia nanti mampu membawa nama baik Indonesia sebagaimana pameran bertaraf dunia sebelumnya, seperti di Australia, Singapura, Vietnam, India serta beberapa negara lain," katanya.

Sejumlah produk yang akan dipamerkan antara lain tas berbahan kulit dengan desain lukisan khas menggambarkan ciri Indonesia, semisal tas berluliskan Jembatan Suramadu, patung Suroboyo, dan lainnya, begitu juga dompet. [way/but]

Tag : ukm

Berita Terkait

Kanal Ekonomi