14 Paket Ekonomi Jokowi, Apa Kabarnya?

Selasa, 18 April 2017 14:42:07
Reporter : -
14 Paket Ekonomi Jokowi, Apa Kabarnya?

Jakarta (beritajatim.com) - Sejak awal September 2015, paket kebijakan ekonomi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah ada 14 paket yang diterbitkan. Kenapa ada paket kebijakan yang tidak berjalan?

Walaupun dengan gebrakan tersebut telah banyak kemajuan yang sudah berjalan, salah satunya pemangkasan perizinan yang lebih sederhana. Kondisi ini, lebih menggairahkan para investor untuk menanamkan modal di tanah air.

Namun ada juga paket kebijakan ekonomi yang hingga kini belum berjalan maksimal manfaatnya. Salah satunya pemberian fasilitas tax holiday bagi perusahaan.

Maka dari itu menteri-menteri Jokowi melakukan rapat lagi untuk mengevaluasi paket-paket kebijakan yang tidak jalan maksimal tersebut.

"Kan sekarang ada perusahaan yang dulu dapat fasilitas tapi belum terealisaai sekarang direview lagi mana yang eligible dari segi substansi maupun administrasi. Ini belum selesai," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Kantor Kemenko Ekonomi, Selasa (18/04/2017).

Rudiantara bilang, ada sedikitnya 4 kelompok deregulasi yang saat ini masih mengalami hambatan dalam mengimplementasikan paket kebijakan tersebut, dimana ke-4 kelompok tersebut masalahnya sama yakni the bottle necking (Sumbatan).

"Kami selesaikan, the bottle necking ini kami selesaikan dulu agar ada kepastian bagi investor yang mau masuk ke Indonesia," katanya.

"Artinya, case-case (kasus-kasus) yang belum selesai, sekarang mau diselesaikan, kasusnya sekitar belasan," tandasnya. [hid]

Tag : ekonomi

Berita Terkait

Kanal Ekonomi